Yurianto Sebut Masker Tak Bisa Bunuh Virus Corona, Cukup Cuci Tangan Pakai Sabun

- Rabu, 1 April 2020 | 19:40 WIB
Ilustrasi mencuci tangan dengan sabun. (photo/Ilustrasi/Pixabay)
Ilustrasi mencuci tangan dengan sabun. (photo/Ilustrasi/Pixabay)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa masker tidak dapat membunuh wabah virus tersebut. Menurut Yuri, dari hasil ilmiah yang terbukti virus Covid-19 dapat dihancurkan dengan sabun dan detergen.

"Masker tidak membunuh virus, tetapi masker hanya melindungi saja agar tidak terpapar virus itu," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Rabu (1/4/2020).

Dengan hasil tersebut, ia pun menegaskan bahwa masyarakat harus lebih sering mencuci tangan dengan sabun. Karena hal itu dinilai sangat penting untuk menghindari penularan Covid-19.

"Minimal selama 20 detik dan lakukan sesering mungkin," tambahnya.

Dia juga mengingatkan bahwa mungkin saja individu tak berkontak dekat dengan pasien Covid-19. Namun, bahuk ataupun dahak dari pasien tersebut dapat terjatuh dan menempel di barang-barang yang digunakan masyarakat umum.

"Misalnya handle pintu atau meja. Tangan kita seringkali tanpa sengaja menyentuh benda-benda itu, kemudian virusnya berpindah ke tangan kita. Oleh karena itu, tetap perhatikan pentingnya cuci tangan ini," jelas Yuri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X