CEK FAKTA: Benarkah Ada Burung Gergasi Berbentuk Manusia di Vatikan?

- Sabtu, 28 Maret 2020 | 21:05 WIB
Unggahan disebut burung gergasi berbentuk manusia di Vatikan (Screenshot Twitter)
Unggahan disebut burung gergasi berbentuk manusia di Vatikan (Screenshot Twitter)

Aktivis sekaligus mantan Alumni 212, Faizal Assegaf mengunggah sebuah video menarik di akun Twitternya. Dia menyebut bahwa sosok yang ada di video tersebut adalah burung gergasi berbentuk manusia.

“Sekor burung gergasi berbentuk manusia, telah muncul di puncak bangunan Vatikan Roma, dia berdiri di atas Salib dan menghilangkan diri. Kalau benar kejadian tsb, pertanda apa ini..? Atau Hoaks…??? #PapuaLawanCorona #IndonesiaMenujuKaram ???” tulisnya.

Namun, setelah ditelusuri ternyata video dan narasi yang dibuat oleh Faizal adalah hoax. Penampakan burung gergasi berbentuk manusia tersebut merupakan hasil editan oleh JJPD Producciones dan diunggah di kanal Youtube mereka pada 2 Juni 2019.

Video tersebut juga direkam di Granada, Nikaragua, dan bukan di Vatikan, Roma. Tim JJPD Producciones dalam kolom deskripsi YouTube mereka menjelaskan bahwa video tersebut merupakan video paranormal untuk tujuan menghibur.

Semua gambar yang dihasilkan adalah fiksi dan merupakan hasil CGI atau hasil olahan komputer. JJPD Producciones dikelola oleh dua kreator asal Nikaragua yang sering membuat video dengan efek khusus atau horor.

Pada video di atas, JJPD Producciones berupaya menghadirkan Gargola atau Gargoyle, sosok makhluk yang biasanya ditempatkan di puncak gereja Eropa di abad pertengahan.

Gargoyle dibuat untuk menakut-nakuti roh jahat, atau untuk mengecoh iblis memasuki sebuah tempat karena sudah ada makhluk halus yang menempatinya.

Pendapat lain menyebut bahwa Gargoyle ditempatkan di bangunan gereja untuk memperlihatkan keseimbangan antara keburukan dan keindahan.

-
Patung Gargoyle (TurboSquid)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X