Anggota DPRD Riau Minta Presiden Jokowi Tinjau Kondisi Karhutla

- Jumat, 13 September 2019 | 10:28 WIB
ANTARA FOTO/Rony Muharrman
ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Ketua Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau Agung Nugroho meminta Presiden Joko Widodo meninjau langsung kondisi bencana asap Riau yang semakin parah.

Menurut dia, kehadiran Jokowi akan mendorong upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau agar dilakukan lebih proaktif. "Kadang-kadang kalau Presiden Jokowi turun, asapnya ini bisa hilang (mereka lebih ekstra bekerja)," kata Agung Nugroho di Pekanbaru, Kamis (12/9).

-
ANTARA/Diana Syafni

Agung menambahkan, pihaknya telah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk meningkatkan status darurat bencana asap karhutla. "Karena menurut kita penetapan ini tidak boleh diundur-undur lagi. Kalau statusnya dinaikkan tentu perhatian kita tercurahkan ke sana, upaya lebih serius dilakukan," katanya.

Sementara terkait wacana untuk menyediakan ruangan steril di DPRD Riau untuk masyarakat, Agung mendorong agar itu segera terealisasi. Bahkan, pihaknya bersedia menyediakan tenaga medis jika diperlukan. "Saya setuju itu, kalau memang diperlukan ruangan paripurna juga kita sediakan untuk masyarakat. Kami akan sediakan dokternya nanti," ujarnya.

Saat ini, kualitas udara di Kota Pekanbaru sudah tergolong berbahaya dan jarak pandang hanya sekitar 700 meter. Ribuan orang juga sudah mengalami gangguan pernapasan, batuk, iritasi mata, iritasi kulit hingga ada yang pingsan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X