Kamu Harus Tau, Ini 5 Manfaat Kebiasaan Melamun

- Rabu, 11 September 2019 | 12:31 WIB
photo/Ilustrasi/Pexels
photo/Ilustrasi/Pexels

Setiap orang pasti pernah melamun, entah itu disengaja ataupun tidak. Melamun adalah kondisi di mana seseorang terdiam atau termenung dengan pikiran yang melayang atau mengkhayal ke mana-mana. Studi menunjukkan bahwa setiap orang menghabiskan sekitar 30-50 persen waktu untuk melamun. 

Kebiasaan melamun ini sering dianggap hal yang sia-sia dan hanya membuang waktu saja. Namun, beberapa penelitian justru mengungkapkan bahwa melamun punya manfaat yang baik untuk diri seseorang. 

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Rabu (11/9), berikut ini 5 manfaat dari kebiasaan melamun yang kamu harus tau:

1. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Kebanyakan orang menganggap melamun hanya akan membuat diri menjadi tidak produktif. Namun yang terjadi justru kebalikannya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa melamun dapat meningkatkan produktivitas seseorang karena memiliki efek positif dan stimulan. Selain itu, melamun membuat seseorang menjadi lebih kreatif, bijak, dan fokus mengatur strategi dalam menyelesaikan hal apa pun.

2. Melatik Otak dan Mempertajam Daya Ingat

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Ketika melamun, beberapa fungsi otak terlibat dan bekerja lebih keras. Inilah yang membuat seseorang yang sering melamun justru memiliki daya ingat lebih kuat daripada yang tidak. Penelitian dari University of Wisconsin dan Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Sciences menunjukkan adanya korelasi antara memori level tinggi dan kebiasaan melamun.

3. Meningkatkan Rasa Empati

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Penelitian yang dipublikasikan oleh Psychological Bulletin menuliskan bahwa orang yang terbiasa melamun cenderung memiliki rasa empati yang tinggi. Hal itu dikarenakan seseorang berpikir dan membayangkan sesuatu dari perspektif yang berbeda ketika melamun.

4. Mengurangi Stres dan Tekanan Darah

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Melamun dianggap sebagai salah satu bentuk hipnosis yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa gelisah atau stres. Hal-hal positif sering dibayangkan seseorang ketika melamun, seperti jalan-jalan ke tempat favorit atau menikmati makanan lezat bersama orang-orang terdekat.

5. Menjadi Lebih Cerdas

-
photo/Ilustrasi/Pixabay

Tidak banyak orang yang tahu bahwa salah satu cara meningkatkan kecerdasan seseorang adalah dengan melamun. Hal ini dikarenakan ketika melamun, kondisi otak berada dalam kondisi tenang dan relatif tidak berpikir terlalu keras. Kondisi ini sangat efisien untuk meningkatkan kapasitas berpikir. Maka jangan heran, jika orang-orang cerdas ternyata punya kebiasaan melamun.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X