Penderita ISPA Akibat Kabut Asap Digratiskan Biaya Berobat

- Selasa, 24 September 2019 | 11:44 WIB
Ilustrasi warga yang terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat dampak asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). (Antara/Rony Muharrman)
Ilustrasi warga yang terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat dampak asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). (Antara/Rony Muharrman)

Kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) membuat warga di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Warga yang terkena ISPA dibebaskan dari biaya pengobatan di Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi, dr Nanang Fitra Aulia mengatakan pelayanan gratis akan diberikan kepada warga yang berobat karena terserang ISPA akibat dampak asap.

"Semua Puskesmas di Tebing Tinggi dan RSUD Kumpulan Pane akan memberikan pelayanan gratis bagi warga yang terdampak," kata Nanang, di Tebing Tinggi, Selasa (24/9).

Lebih lanjut ia menjelaskan dinas kesehatan dan dinas lingkungan hidup terus berkoordinasi setiap hari memantau kondisi asap dampak karhutla di Riau.

Sementara Direktur RSUD Kumpulan Pane Tebing Tinggi, dr.Yohly Boelian Dachban menyatakan pihaknya siap memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terjangkit ISPA akibat kabut asap.

"Kami setiap saat akan melayaninya semaksimal mungkin sesuai dengan instruksi Kadis Kesehatan," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X