Begini Jadinya Kalau Cacing Mengendalikan Siput Zombie

- Kamis, 15 Agustus 2019 | 17:01 WIB
Screenshot
Screenshot

Dalam video, terlihat seekor siput yang tubuhnya tampak seperti lampu disko. Kondisi tersebut membuat siput ini dijuluki sebagai siput zombie. Kondisi yang dialaminya tersebut merupakan ulah dari cacing parasit Leucochloridium.

Bahkan, siput zombie ini bisa nggak sadarkan diri saat berjalan. Syaraf matanya bahkan bakal naik turun seperti berdisko akibat ulah cacing jahat tersebut. Seorang peneliti bernama Tomasz Wesoowski mengungkapkan bahwa cacing Leucochloridium dapat memanipulasi siput.

Cacing tersebut bisa menyerang mata siput dan membuat kedua mata siput berdenyut meniru ulat. Cacing akan masuk ke dalam tubuh siput dan mengendalikan pikiran siput untuk berjalan ke tempat lain.

Cacing kemudian akan membuat gerakan seperti ulat. Tujuan utama cacing ini sendiri sebenarnya bukan untuk menyiksa siput. Cacing itu melakukannya untuk menarik perhatian burung. Burung yang tertarik nantinya akan mencabut mata siput karena mengira bahwa apa yang dilihatnya adalah seekor ulat.

Dalam ilmu biologi, fenomena ini dikenal sebagai mimikri agresif, yaitu organisme yang berpura-pura jadi mangsa lain. Tujuannya adalah agar mereka dimakan oleh hewan yang mereka targetkan tadi.

Cacing parasit sendiri bakal hidup di perut burung selama beberapa waktu. Cacing tersebut bakal meletakkan telur mereka di kotoran burung supaya dimakan siput. Nantinya kotoran tersebut akan dimakan oleh Siput yang kurang beruntung.

Jadi, siklus zombie tidak akan terputus dan akan tetap berlanjut.

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X