Pencarian Kotak Hitam CVR Sriwijaya Air Tetap Dilanjutkan, Meski Operasi SAR Dihentikan

- Jumat, 22 Januari 2021 | 09:40 WIB
Serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tetap melanjutkan pencarian kotak hitam “Cockpit Voice Recorder” (CVR), meskipun operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) pesawat Sriwijaya Air SJ 182 resmi dihentikan.

“Operasi SAR sesuai tugasnya sudah ditutup tapi kami KNKT tanggung jawab investigasi masih akan lakukan pencarian CVR dibantu Menhub, TNI AL, Basarnas dan unsur yang menawarkan bantuan kepada KNKT termasuk Dinas DKI dan seluruh pihak Kepulauan Seribu,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, Kamis (21/1/2021)

Soerjanto juga mengapresiasi tim gabungan yang telah berhasil menemukan kotak hitam FDR, 4 hari setelah pesawat jatuh.

Ia berjanji apabila dalam proses pencarian CVR, tim menemukan jasad korban, maka akan dilaporkan dan langsung ditindaklanjuti.

“Begitu ketemu satu saja, akan diproses,” katanya.

Seperti diketahui, pemerintah telah resmi menghentikan operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) terhadap korban maupun puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Operasi pencarian sudah dilakukan selama tujuh hari dan diperpanjang 2x3 hari. Hingga saat ini sudah ditemukan 324 kantong jenazah, 43 di antaranya sudah teridentifikasi, 32 sudah diserahkan kepada keluarga korban.

Sementara itu, seluruh data dari FDR sudah diunduh dan akan diinvestigasi, melibatkan sejumlah pihak termasuk dari Boeing dan otoritas penerbangan sipil Amerika Serikat (Federal Aviation Administration).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X