The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gadis India Ini Jadi yang Pertama di Asia Terima Donor Tangan Antar Gender
Shreya Siddanagowder, gadis India yang lakukan transplantasi tangan. (Facebook/MOHAN Foundation)
News

Gadis India Ini Jadi yang Pertama di Asia Terima Donor Tangan Antar Gender

Rabu, 03 Juni 2020 14:49 WIB 03 Juni 2020, 14:49 WIB

INDOZONE.ID - Shreya Siddanagowder menjadi orang pertama di Asia yang menjalani transplantasi tangan antar gender. Gadis asal India ini terpaksa menjalani transplantasi tangan, karena mengalami kecelakaan bus tahun 2016 silam.

Kejadian itu membuat kedua tangan Shreya harus diamputasi dari siku ke bawah. Satu tahun kemudian, ia datang ke Amrita Institute untuk mendaftar transplantasi.

Saat di rumah sakit, Shreya sempat bertemu dengan seorang warga negara Afghanistan, yang telah menunggu donor selama satu tahun. Karena transplantasi ini jarang terjadi, Shreya harus menunggu beberapa bulan lagi.

Mujurnya, saat ia balik ke hotel, ia dihubungi oleh pihak rumah sakit untuk tes darah. Pasalnya, ada seorang anak laki-laki bernama Sachin, yang diketahui mengalami mati otak karena kecelakaan sepeda.

Keluarga Sachin setuju jika tangan dan organ lain milik Sachin didonorkan. Untungnya, sampel darah Shreya dengan Sachin cocok sehingga transplantasi tangan bisa dilakukan.

Proses transplantasi ini akhirnya bisa dilakukan pada 9 Agustus 2017, dengan dibantu oleh 20 ahli bedah dan 16 anestesi selama 13 jam lamanya.

Pertama-tama, tangan donor ditempelkan tulang, lalu arteri, vena, dan otot tendon sebelum kulit dijahit ke anggota tubuh bagian atas Shreya. Satu tahun sejak operasi itu, Shreya harus menjalani fisioterapi intensif.

Transplantasi tangan yang dialami Shreya membuat berat badannya jadi turun, karena lemak ekstra perlahan larut menyesuaikan dengan anggota tubuh bagian atas yang lebih ramping.

Jari-jari Shreya juga terlihat ramping dalam waktu 3 hingga 4 bulan.

“Aku melihat tangannya setiap hari. Jari-jari menjadi seperti wanita, pergelangan tangan lebih kecil. Ini adalah perubahan luar biasa,” ucap ibu Shreya.

Iyer, dari Amrita Institue menduga hormon wanita yang dimiliki Shreya membawa pengaruh besar terhadap perubahan yang ada.

Walaupun bentuk dan warna kulit tangan hasil transplantasi masih menyesuaikan dengan tubuh Shreya, para ahli belum bisa memberikan penjelasan lebih mendalam terhadap kondisi tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Putri
Zega

Zega

Editor
Putri

Putri

Writer
JOIN US
JOIN US