The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Denmark Memperpanjang Penangguhan Vaksin AstraZeneca Terkait Dugaan Efek Samping Vaksin
Ilustrasi vaksin AstraZeneca Covid-19 (REUTERS/Dado Ruvic)
News

Denmark Memperpanjang Penangguhan Vaksin AstraZeneca Terkait Dugaan Efek Samping Vaksin

Jumat, 26 Maret 2021 09:42 WIB 26 Maret 2021, 09:42 WIB

INDOZONE.ID - Pada hari Kamis, pejabat Denmark memutuskan untuk melanjutkan penangguhan vaksin AstraZeneca Covid-19 selama tiga minggu lagi sementara mereka terus mengevaluasi hubungan potensial vaksin dengan pembekuan darah.

"Keputusan itu dibuat atas dasar dugaan efek samping," kata Tanja Erichsen dari Badan Obat Denmark dalam konferensi pers, dikutip dari Associated Press.

Denmark menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca sebagai tindakan pencegahan pada 11 Maret setelah laporan bahwa seorang wanita berusia 60 tahun meninggal dengan pembekuan darah di beberapa bagian tubuhnya seminggu setelah dia menerima vaksin.

Kematian orang kedua di Denmark yang meninggal setelah mendapatkan vaksin AstraZeneca segera dilaporkan. Otoritas kesehatan Denmark mengatakan mereka tidak memiliki bukti bahwa vaksin tersebut bertanggung jawab atas kematian tersebut.

Penangguhan akan berlangsung setidaknya hingga 18 April.

“Banyak yang mungkin bertanya-tanya apakah kita terlalu berhati-hati. Untuk itu saya akan mengatakan, kami telah menambahkan prinsip kehati-hatian ekstra," kata Direktur Jenderal Otoritas Kesehatan Denmark Soeren Brostroem.

Brostroem mengatakan bahwa ketika dan jika Denmark kembali menggunakan vaksin AstraZeneca, orang akan diberikan pilihan untuk menolak vaksin tersebut.

Norwegia dan Swedia juga telah menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca. Beberapa negara Eropa yang telah menangguhkan penggunaan vaksin telah melanjutkan pemberiannya setelah regulator obat Uni Eropa mengatakan aman.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US