Hari Pers Nasional, Kapolri Minta Bantu Tangkal Hoaks yang Ancam Persatuan

- Selasa, 9 Februari 2021 | 15:23 WIB
Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: ANTARA/Setpres-Laily Rachev)
Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: ANTARA/Setpres-Laily Rachev)

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meminta kepada pers sebagai pilar keempat demokrasi untuk terus memberikan informasi yang mencerahkan pemahaman masyarakat Indonesia.

Seperti dilansir Antara, hal tersebut disampaikan Listyo Sigit saat mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 bagi para insan pers di Tanah Air.

"Saya Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo selaku Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2021. Semoga Pers senantiasa menjadi garda depan dalam mencerahkan masyarakat sebagai pilar keempat demokrasi," kata Sigit di Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Kapolri juga berharap pers atau insan media untuk ikut membantu menangkal serta memerangi penyebaran hoaks yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan negara.

"Selain itu, ikut membantu Polri dalam menangkal timbulnya hoaks dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

BACA JUGA: Hari Pers Nasional, Ketua DPR: Pers Sumber Inspirasi Bangkit dari Pandemi

Dengan munculnya semangat yang sama untuk menjaga keutuhan NKRI, Sigit menekankan bahwa hal itu dapat makin memperkuat kebhinekaan di Indonesia.

"Dengan turut membangkitkan semangat kebhinekaan, mendorong produktivitas dan optimistisme bangsa," tutur Sigit.

Sementara itu, di sela-sela pertemuannya dengan Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Listyo juga mengharapkan media dapat memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pemberitaan yang baik.

"Tentunya kita harapkan media sebagai sarana masyarakat untuk bisa memberikan edukasi, memberikan penjelasan terkait apa yang terjadi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, khususnya di Kepolisian. Tentunya bisa memberikan informasi yang baik, informasi yang sehat utamanya terhadap masalah-masalah hoaks. Tentunya ini menjadi tantangan kita bersama," ucap Listyo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X