Hendak Divaksinasi Petugas Kesehatan, Satu Dusun di NTT Kabur Karena Takut

- Sabtu, 20 Februari 2021 | 10:48 WIB
Ilustrasi disuntik vaksin. (photo/ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)
Ilustrasi disuntik vaksin. (photo/ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Puluhan warga di dusun II Batu Putih, Desa Alila, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, NTT, Kamis (18/2/2021) siang memilih kabur ke hutan agar tidak disuntik vaksin oleh petugas kesehatan.

Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas mengatakan, kejadian ini terjadi karena minimnya edukasi dan sosialisasi yang diberikan kepada warga yang kabur tersebut.

"Mereka kabur karena panik dan takut setelah membaca informasi hoaks seputar vaksin Covid-19 yang beredar luas di media sosial," katanya, Jumat (19/2/2021).

Ia menambahkan, informasi kaburnya warga satu dusun itu diterima melalui laporan dari Bhabinkamtibmas Aipda Dominggus Bole Dede ketika dirinya berkunjung ke dusun itu.

Saat mengetahui para warga kabur ke hutan, Aipda Dominggus langsung menyusuri hutan untuk mencari puluhan warga tersebut.

"Mereka pun langsung diberikan pemahaman oleh Bhabinkamtibmas yang kebetulan pada saat itu ditemani oleh Kepala Desa Alila dan tokoh masyarakat setempat," ujar dia melansir Antara.

Mereka kemudian memberikan sosialisasi kepada warga yang ditemukan di hutan dan meminta untuk tak percaya dengan hoaks yang beredar di media sosial terkait vaksin Covid-19.

Hasilnya beberapa warga akhirnya kembali ke rumahnya di dusun tersebut, tetapi sebagian lagi tetap bertahan di hutan dan di pegunungan karena masih menunggu musim panen jagung.

"Kita berharap warga menyaring lagi informasi yang masuk, jangan ditangkap begitu saja tanpa disaring, karena banyak berita hoaks yang menyebar di media sosial," kata dia.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X