Soal Pandemi, Wapres: MUI Telah Berperan Sejak Lama dengan Keluarkan Beragam Fatwa

- Jumat, 16 Oktober 2020 | 18:30 WIB
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin. (Photo/Dok. KIP Setwapres)
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin. (Photo/Dok. KIP Setwapres)

Terkait pandemi COVID-19, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menekankan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah berperan sejak lama dengan mengeluarkan beragam fatwa yang menjadi acuan.

Hal itu disampaikan Ma'ruf Amin saat berbincang secara virtual dengan juru bicara pemerintah Reisa Broto Asmoro di Jakarta, Jumat (16/10/2020).

"MUI sudah melakukan peran sejak lama. Sejak pandemi, fatwa MUI banyak menjadi acuan," ujar Wapres Ma'ruf, dilansir dari Antara, Jumat (16/10/2020).

Selain itu, Wapres juga mencontohkan sejumlah fatwa MUI selama pandemi. Misalnya, dalam ibadah shalat Jumat, shalat Idul Fitri, shalat Idul Adha, pembayaran zakat, tata cara beribadah bagi tenaga medis, pemulasaraan jenazah, dan lain sebagainya.

Dan mengenai vaksinasi, ia mengatakan agar MUI juga dilibatkan mulai dari perencanaan, pengadaan, pertimbangan dan audit di pabrik. Maka dari itu, menurutnya, MUI saat ini telah melakukan kunjungan ke Republik Rakyat Tiongkok untuk melihat proses penyiapan calon vaksin.

"Soal kehalalan harus ada sertifikat dari lembaga yang memiliki otoritas, dalam hal ini MUI. Tapi, andaikata dalam suatu ketika seperti saat meningitis, belum ada (vaksin/obat) yang halal, tapi jika tidak menggunakan vaksin akan menimbulkan bahaya, maka bisa digunakan (vaksin/obat) itu walau tidak halal. Digunakan secara darurat dengan penetapan oleh lembaga yang memiliki otoritas," kata Wapres.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X