Penyebab Pantai Australia Dipenuhi Sampah Masker

- Kamis, 28 Mei 2020 | 14:26 WIB
Pantai di Australia yang dipenuhi sampah masker. (Twitter/@DrEmmaLJohnston)
Pantai di Australia yang dipenuhi sampah masker. (Twitter/@DrEmmaLJohnston)

Sebuah pantai di Sydney, Australia, Pantai Bondi tiba-tiba dipenuhi dengan sampah yang berserakan. Dalam foto, terlihat sejumlah masker medis di pesisir pantai.

Sebelumnya, sampah masker tersebut dikira berasal dari orang-orang yang membuang sampah sembarangan. Faktanya, sampah tersebut disebabkan karena adanya kecelakaan yang dialami kapal kontainer dari England.

APL England sebelumnya melaporkan telah kehilangan 40 kontainer. Puluhan kontainer tersebut hilang saat sedang dalam perjalanan dari Tiongkok menuju Melbourne karena cuaca buruk.

Kontainer-kontainer yang hilang itu berisi masker dan sejumlah persediaan medis, peralatan rumah tangga hingga bahan bangunan. Puluhan kontainer tersebut hanyut ke sejumlah pantai sebelah timur Australia.

Sejumlah pantai yang berada di Timur Australia itu telah ditutup hingga sampah-sampah di daerah tersebut selesai dibersihkan.

Aksi bersih-bersih tersebut dibantu komunitas pemerhati lingkungan seperti Australian Seabird Rescue dan warga sekitar.

"Barang-barang ini tidak akan terurai dan akan tinggal di sana untuk waktu yang lama. Hewan-hewan ini di lautan akan memilih untuk mengkonsumsi banyak karena mengiranya sebagai makanan. Mereka tidak menyadari bahwa apa yang disediakan lautan tidak baik untuk mereka," kata koordinator sukarelawan Cathy Gilmore.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X