The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Arus Balik Cikampek ke Jakarta Padat, Polisi: Macetnya 3 Km
Ilustrasi arus balik mudik Lebaran 2020 (ANTARA/Nova Wahyudi)
News

Arus Balik Cikampek ke Jakarta Padat, Polisi: Macetnya 3 Km

Ada pemeriksaan dari petugas.

Selasa, 26 Mei 2020 08:49 WIB 26 Mei 2020, 08:49 WIB

INDOZONE.ID - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat ada peningkatan kendaraan dan kepadatan di ruas tol Cikampek arah Jakarta tepatnya pada Km 47 semalam. Kepadatan kendaraan itu ternyata akibat adanya pos cek poin dan pemeriksaan pengemudi kendaraan arus balik oleh petugas.

"Semalam itu saya memang patroli mengarah ke Bandung, saya ingin lihat gimana situasi, ada info melonjak arus balik karena hari ini sudah diberlakukan Pergub 47 masalah SIKM," kata Kasat PJR Polda Metro Jaya, AKBP Andi M Indra Waspada saat dihubungi wartawan, Selasa (26/5/2020).

Kemacetan itu terjadi dini hari tadi sekitar pukul 02.00 WIB pada H+2 Lebaran. Indra mengatakan kemacetan sempat mengular di Km 47 sepanjang sekitar 3 kilometer.

"Malam tadi pantauan saya memang terjadi kepadatan di Km 47. Macetnya kurang lebih sekitar 3 kilometer sebelum elevated itu macetnya," ungkap Indra.

Lebih jauh Indra mengatakan kemacetan itu terjadi lantaran adanya penyekatan atau pos cek poin di area tol itu. Kemacetan akibat petugas memeriksa seluruh pengendara di sana.

"Memang di situ padat karena ada penyekatan di sana. Macetnya kurang lebih sekitar 3 kilometer, tapi setelah dari situ lewat dari penyekatan di situ sampai Cikarang Utama, Halim lancar terus," kata Indra.

"Pantauan saya malam begitu, sekitar jam 00.30 dan jam 02.00 WIB anggota sudah digelar dan pagi lapor ke saya juga situasi sepi. Macet karena penyekatan Km 47 masalah SIKM memang 3 kilometer ekornya sampai Km 50," sambungnya.

Jika dibandingkan H+2 Lebaran tahun ini dengan tahun lalu, volume kendaraan dari arah Bandung melalui Cikampek ke arah Jakarta berbeda jauh. Tahun ini situasi jalur sangat renggang jika dibandingkan pada tahun lalu.

"Beda jauh, ini lebih lancar, ini berkaitan masalah pandemi. Semalam itu saya lihat dari arah Bandung nggak sepadat perbandingan di tahun kemarin untuk pantauan arus lalinnya. Begitu masuk Km 47 macet itu, sebelum elevated macet di situ, sudah lepas situ sepi," pungkas Indra. 

Artikel menarik lainnya

Kampus IPDN Gelar Halal Bihalal di Tengah Corona, IPW: Seenaknya Mereka Langgar PSBB

Kelabui Polisi, Sabu-Sabu 821 Kg Dicampur Asam Kranji dan Asam Jawa, Disimpan di Rantang

Perawat Asal Indonesia yang Berada di Kuwait Meninggal Dunia Karena Covid-19

TAG
Susi Fatimah
Samsudhuha Wildansyah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US