The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kasus Mulai Reda, Jepang Cabut Status Darurat Covid-19
Ilustrasi kondisi virus corona di Jepang (KYODO NEWS)
News

Kasus Mulai Reda, Jepang Cabut Status Darurat Covid-19

Segera membuka sektor bisnis.

Senin, 25 Mei 2020 13:15 WIB 25 Mei 2020, 13:15 WIB

INDOZONE.ID - Kasus virus corona (Covid-19) di Jepang mulai mereda. Pada Senin (25/5/2020), mereka mencabut status darurat Covid-19 dan secara bertahap akan membuka kembali sektor bisnis yang selama pandemi tidak beroperasi.

Dibandingkan dengan negara lain seperti Eropa, Amerika Serikat, Rusia dan Brasil, Jepang cenderung bisa mengendalikan virus corona. Kini total infeksinya tercatat 16.581 kasus dengan 830 kematian.

Keberhasilan Jepang dalam mengendalikan virus tak luput dari peran pemerintah dan masyarakatnya yang disiplin. Sejak Perdana Menteri Shinzo Abe menutup sekolah dan bisnis di Jepang, masyarakatnya tetap mengikuti aturan. 

Jepang juga tidak memberlakukan hukuman bagi siapa pun yang melanggar aturan. Sebagaimana dikutip Channel News Asia, Senin (25/5/2020), warga Jepang diketahui amat mengindahkan imbauan pemerintah. 

Sebagian besar jalan raya dan jalan utama di Tokyo mendadak sepi. Jumlah infeksi baru juga terus menurun dari puncaknya sekira 700 kasus perhari, hingga saat ini hanya terhitung belasan kasus saja. 

Standarisasi kebersihan dan kesehatan umum di Jepang juga cukup tinggi. Ada budaya tidak boleh mengenakan sepatu dalam ruangan, pembagian masker yang luas, hingga membungkuk tanpa berjabat tangan juga jadi cara menyapa yang bisa mencegah penularan virus. 

Sementara itu, pengujian massal juga tidak pernah jadi strategi utama Jepang dalam penanganan virus. Mereka fokus pada pelacakan kontak agresif pada pasien positif Covid-19. Fasilitas kesehatan yang tersedia juga terus ditingkatkan setelah Jepang kesulitan menangani ledakan pasien di saat awal pandemi. 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fahmy Fotaleno
Dinno Baskoro

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US