Ilmuwan Ungkap Teori Proses Kelahiran Planet, Seperti Apa?

- Jumat, 22 Mei 2020 | 16:32 WIB
Ilustrasi planet. (Unsplash)
Ilustrasi planet. (Unsplash)

Ilmuwan mengaku menemukan teori baru mengenai proses kelahiran planet. Para ilmuwan yang melakukan penelitian ini mengaku telah mengamati secara langsung bagaimana planet terbentuk.

Para ilmuwan tersebut mengamati bintang muda bernama AB Aurigae. Bintang tersebut berjarak 520 tahun cahaya dari Bumi. Dari foto yang berhasil ditangkap oleh para ilmuwan, tampak gas dan debu berputar di sekeliling bintang tersebut.

Dilansir dari Engadget, para ilmuwan mengaku berhasil mendeteksi kelahiran planet dengan menggunakan European Space Observatory's Very Large Telescope (ESO's VLT).

Proses kelahiran planet ini sebenarnya sudah ditemukan pada tahun 2019. Penelitian ini dilakukan oleh Anne Dutrey bersama tim peneliti gabungan dari Belgia, Prancis, Taiwan serta Amerika Serikat.

Anne mengungkapkan bahwa ia dan timnya telah menemukan adanya putaran yang menandakan proses kelahiran planet. Gas dan debu sangat memungkinkan membentuk planet dengan adanya putaran tersebut.

"Putaran itu menandai titik pembentukan planet baru. Ini juga sesuai dengan hubungan dua spiral, di mana yang satu berliku ke dalam dari orbit planet dan yang lainnya meluas ke luar dan bergabung ke lokasi planet," kata Anne.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X