23 Saksi Diperiksa di Kasus Pungli THR UNJ, Polisi Akan Gelar Perkara

- Jumat, 29 Mei 2020 | 08:53 WIB
Kampus UNJ (Dok UNJ)
Kampus UNJ (Dok UNJ)

Kasus pungutan liar (pungli) tunjangan hari raya (THR) di kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memasuki babak baru. Setelah memeriksa 23 saksi terkait kasus itu, polisi menyebut dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan gelar perkara dalam kasus tersebut.

"Sampai dengan saat ini dari Ditreskrimsus Polda Metro Jaya akan melakukan gelar perkara menyangkut permasalahan penyerahan satu perkara dari teman-teman KPK kepada Krimsus Polda Metro," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Jumat (29/5/2020).

Yusri tidak memaparkan secara pasti kapan pihaknya akan melakukan gelar perkara di kasus itu. Gelar perkara bertujuan untuk meningkatkan status kasus itu dan mencari tersangka dalam kasus tersebut.

Di kasus itu, sebanyak 23 orang saksi sudah diperiksa pihak kepolisian. Saksi itu mulai dari pihak UNJ hingga pegawai Kendikti.

"Kemarin kita lakukan klarifikasi tambahan kepada tujuh orang yang awalnya sudah kita lakukan, kita tambah satu lagi klarifikasi pemeriksaan terhadap satu pegawai dari Mendikti, kemudian ada 15 dari UNJ yang kita lakukan klarifikasi pemeriksaan itu yang ikut pada saat Rapimnas," papar Yusri.

Yusri menyebut seluruh data maupun keterangan saksi-saksi sudah dikumpulkan oleh pihaknya. Pihak kepolisian dalam waktu dekat segera menggelar perkara kasus tersebut.

"Kita lakukan gelar perkara untuk bisa menentukan apakah memang unsur-unsur itu memang sudah masuk dalam konstruksi perkaranya. Kalau masuk baru naik ke tingkat penyidikan tapi kalau memang tidak memenuhi unsur-unsur persangkaannya nanti akan kita SP3," kata Yusri.

"Dalam gelar perkara, hadir Mabes Polri dan tetap koordinasi yang baik dengan teman-teman KPK karena ini kan penyerahan perkara dari KPK," pungkas Yusri.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X