The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

99 Pengungsi Rohingya yang Berada di Aceh Negatif Covid-19
Sejumlah pengungsi etnis Rohingya berjalan menuju lokasi peristirahatan di pesisir pantai Lancok, Kecamatan Syantalira Bayu, Aceh Utara, Aceh, Kamis (25/6). (photo/ANTARA FOTO/Rahmad)
News

99 Pengungsi Rohingya yang Berada di Aceh Negatif Covid-19

Rabu, 01 Juli 2020 00:26 WIB 01 Juli 2020, 00:26 WIB

INDOZONE.ID - 99 pengungsi Rohingya yang berada di Aceh Utara tidak terinfeksi COVID-19, usai tes yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Hal itu dikatakan langsung oleh Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi saat konferensi pers daring yang digelar usai Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN-Australia di Jakarta

Pada Selasa (30/6), Menlu menjelaskan bahwa fase pertolongan darurat telah dilakukan terhadap para pengungsi tersebut, termasuk kebutuhan pangan dan kesehatan yang telah dipenuhi.

"Seluruh 99 orang dalam keadaan sehat dan baik dan kebutuhan pangan serta kesehatan telah dipenuhi. Kepada mereka telah dilakukan tes COVID-19 dan semua Alhamdulillah hasilnya negatif," kata Retno.

Dia pun menjelaskan bahwa pada saat ini para pengungsi tersebut ditampung di fasilitas bekas kantor imigrasi Lhokseumawe, dan mereka pada 1 Juli rencananya akan dipindahkan ke lokasi dengan sarana yang lebih memadai, yakni di Balai Latihan Kerja Meunasah Mee, Kendang, Muara Dua, Lhokseumawe.

Menurut Retno, pemerintah pusat terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam penanganan pengungsi, termasuk melalui koordinasi antara Satuan Tugas Penanganan Pengungsi Luar Negeri pemerintah pusat, TNI, Polri, Basarnas, BPBD, dan Dinas Sosial di Aceh Utara.

"Untuk mempertebal koordinasi dengan tim yang berada di Aceh Utara, maka tim Kementerian Luar Negeri bersama dengan tim Satgas dari Kemenkopolhukam dan instansi lain seperti Kementerian Dalam Negeri, imigrasi, Polri dan Basarnas akan ke Aceh pada tanggal 1 Juli,” jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US