Anies Baswedan Minta Pengawas PSBB Bisa Tahan Godaan Sogokan

- Senin, 14 September 2020 | 13:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Humas DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Humas DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sejumlah instruksi kepada seluruh jajarannya yang bertugas dalam pengawasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid II kali ini.

Dalam menjalankan pengawasan, Anies menyebutkan, tentu jajarannya akan menghadapi godaan-godaan. Salah satunya adalah diberikan sogokan atau imbalan dari pelanggar dengan kemampuan membayarnya.

Hal tersebut disampaikan Anies ketika memimpin Apel Pengawasan dan Penindakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Lapangan Blok G Balai Kota, Jakarta Pusat.

“Ketika mendatangi tempat yang memiliki kemampuan ekonomi, dan mampu bayar denda, tapi mereka kadang menawarkan imbalan rupiah. Ujian ini harus dihadapi dengan ketegaran,” ucap Anies, Senin (14/9/2020).

“Pegang komitmen bahwa saya petugas negara dan saya tidak menjual kewenangan saya pada rupiah sebesar apa pun. Ingatkan pada semua jika uang itu diterima, kita akan merendahkan diri sendiri, memalukan di hadapan Tuhan dan sesama,” lanjutnya.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengingatkan kepada jajaran pengawas PSBB untuk menjaga integritas sebagai perwakilan negara untuk melindungi segenap rakyatnya ketika bertugas di lapangan.

“Anda akan ketemu godaan, termasuk orang yang merespon dengan tak sopan dan kasar. Di situ kesabaran akan diuji. Jaga kesabaran itu. Ini adalah atas nama negara. Ketika ada yang melecehkan, jangan sekali-kali kita ikut melecehkan mereka,” terang Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X