The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Musda Golkar Deliserdang Ricuh, Dua Kubu Tengku Amek dan Thomas Darwin Saling Klaim Menang
Thomas Darwin Sembiring klaim menang aklamasi Ketua Golkar Deliserdang. (Istimewa)
News

Musda Golkar Deliserdang Ricuh, Dua Kubu Tengku Amek dan Thomas Darwin Saling Klaim Menang

Sabtu, 12 September 2020 21:37 WIB 12 September 2020, 21:37 WIB

INDOZONE.ID - Musda X Partai Golkar Deliserdang yang dilaksanakan di Cadika, Komplek Pemkab, Lubukpakam, Sabtu (12/9/2020) berakhir kericuhan. Masing-masing kubu T Ahmad Tala'a (Tengku Amek) dan Thomas Darwin Sembiring saling klaim kemenangan dalam pemilihan Ketua Golkar Deliserdang.

Kedua kubu mengklaim masing-masing menang secara aklamasi di dua tempat berbeda.

Awalnya Musda tersebut berjalan cukup lancar yang dibuka Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut, Anas Muda dan dihadiri Wagub Sumut yang juga Kader Golkar Musa Rajekshah.

Namun hendak tahap terakhir syarat pencalonan untuk menjadi Ketua Golkar muncul dugaan persoalan.

Ketua Sidang Musda X Golkar Deliserdang yaitu dari Tingkat I Sumut, Isma Fadli Pulungan dan dari Deliserdang Syarifudin Rosa setelah memverifikasi berkas 3 kandidat calon Ketua Golkar Deliserdang. Ketiga calon itu yaitu T Ahmad Tala'a, Thomas Darwin Sembiring dan Ok Arwindo.

Menurut mereka, T Akhmad Tala'a yang memenuhi persyaratan. Sebab setelah diverifikasi berkas dukungan T Akhmad Tala'a memiliki 9 suara sah dan 13 batal suara untuk syarat pencalonan.

Sementara untuk Thomas Darwin Sembiring memiliki 5 suara sah dan 13 suara batal, dan Ok Arwindo tidak ada suara sah namun memiliki 2 suara batal.

Sesuai tata tertib yang berlaku, kata Isma Fadli, yang berhak maju untuk pemilihan ketua harus memiliki 30 persen suara dukungan.

Sehingga Darwin Sembiring dan Ok Arwindo tidak memenuhi persyaratan untuk menjadi calon Ketua Golkar Deliserdang.

Mendengar hal itu 16 Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar yang mendukung Thomas Darwin Sembiring keluar (walk out) area sidang.

Sebab interupsi mereka yang menyatakan mencabut dukungan terhadap T Akhmad Tala'a tidak berlaku sesuai tatib.

"Awalnya kami ditawarkan Ketua Golkar Deliserdang yang menyatakan calon tunggal dalam Musda X sehingga kami memberi dukungan. Namun kami mendengar Thomas Darwin Sembiring untuk maju kami melakukan konsolidasi ulang sehingga kami mencabut dukungan kepada T Akhmad Tala'a," kata Ketua PK STM Hulu, Muliadi yang menyatakan wo dari ruangan karena aspirasinya tidak diterima.

Isma Fadli Pulungan mengumumkan bahwa yang berhak maju untuk calon Ketua yaitu T Akhmad Tala'a. Dia mengaku tanpa ada tatib yang dilanggar sehingga sidang dapat dilanjutkan.

"Pimpinan sidang menetapkan dan memutuskan bahwa T Akhmad Tala'a terpilih secara aklamasi Ketua DPD Partai Golkar Deliserdang," kata Isma Fadli.

Tim Thomas Darwin Sembiring bersama PK yang mendukungnya serta beberapa pengurus harian DPD Tingkat I Partai Golkar Sumut bergegas ke Wings Hotel, Batangkuis untuk melaksanakan sidang paripurna keempat lanjutan. Karena mereka mengganggap Musda yang digelar di Cadika tidak sesuai dengan ketentuan.

Dalam sidang Musda X lanjutan tersebut, terlihat sebagai Pimpinan sidang Zul Amri (yang merupakan Ketua Steering Committee), Muchrid Nasution (Wakil Ketua DPD I Sumut),  Fransiskus Ginting Sekjen PK Delitua, Muliadi Ginting Ketua PK STM Hulu, Drs Wijaya Supriadi Wakil  Sekretaris Kosgoro Deliserdang.

Ketua Korbid Politik Hukum dan HAM Partai Golkar Sumut, Hanfiah Harahap pada kesempatan itu menegaskan bahwa dirinya curiga bahwa di Musda yang dilangsungkan di Cadika tersebut ada unsur pembiaran dan penzoliman terhadap organisasi Partai Golkar.

"Ada orang tertentu disuruh oknum salah satu Calon Ketua DPD agar Thomas Darwin Sembiring mundur dari calon ketua. Tetapi Darwin tidak mau karena ini menyangkut masa depan Golkar Deliserdang," nilai Hanafiah.

Hanafiah menyebutkan bahwa sesuai regulasi organisasi juklak 02 tahun 2020, jika ada keraguan maka pimpinan sidang wajib melaksanakan konfirmasi dan klarifikasi. Sehingga lahirlah verifikasi vaktual terhadap keabsahan dukungan dari perserta suara.

"Musda di Cadika adalah paripurna yang ke-4 tadi paripurna yang tidak sangat konstitusional dan kami membuat lanjutan Musda X ini di Wings Hotel untuk memilih Ketua DPD Partai Golkar Deliserdang," tandas Hanafiah .

Dalam Musda X Partai Golkar di Wings Hotel, Thomas Darwin Sembiring terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD Partai Golkar Deliserdang periode 2020-2025.

Hadir juga pada kegiatan Musda lanjutan ini, Wakil Ketua Partai Golkar Sumut Irham Buana Nasution dan pengurus Partai Golkar Sumut lainnya dan Partai Golkar Deliserdang.(*)

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US