Wagub Riza Sebut Pembukaan sekolah Tatap Muka Bisa 50 Sampai 100 Sekolah di DKI Jakarta

- Sabtu, 20 Maret 2021 | 01:09 WIB
Salah satu sekolah di Jakarta. (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Salah satu sekolah di Jakarta. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

 Wakil Gubenur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan pihaknya masih melakukan kajian untuk pembukaan sekolah tatap muka di tengah pandemi COVID-19, namun memperkirakan jumlahnya bisa antara 50 sampai 100 sekolah sebagai percontohan.

"Nanti kita lihat, bisa sampai 50 sekolah bahkan mungkin bisa sampai 100. Kita lihat berapa, nanti konfigurasinya mewakili wilayah dari SD sampai SMA, bahkan tersebar di seluruh Jakarta sebagai percontohan-percontohan," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat malam (19/3) dikutip dari ANTARA.

Namun demikian, Riza menyampaikan pihaknya sampai saat ini belum memutuskan untuk melaksanakan sekolah tatap muka di Jakarta, dan memastikan kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring sambil melihat kemungkinan untuk sekolah tatap muka.

"Kita akan lihat, sedang kita lakukan kajian, penelitian apakah ini dimungkinkan sebelum nanti masuk di tatap muka sebelumnya. Ini yang akan dilakukan oleh kami namun demikian kami masih godok konsep terbaiknya dan mohon masukannya yang terbaik," ujar dia.

Sampai saat ini, lanjut Riza, masih dimungkinkan jika nantinya akan ada sekolah tatap muka, namun dia menyatakan Pemprov DKI tetap akan melakukan kajian berdasarkan fakta dan data yang ada, serta berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai dari pakar kesehatan, epidemiolog, pemerintah pusat dari sektor pendidikan dan kesehatan, serta Satgas Penanganan COVID-19.

Baca juga: Whatsapp dan Instagram Down Tengah Malam, Netizen Beralih Sementara Ke Twitter

"Semua kami putuskan bersama yang terbaik untuk Jakarta. Kami tidak pernah putuskan sepihak, kami ingin sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak. Termasuk kalau dimungkinkan (tatap muka) itu, harus dapat izin orang tua, kalau pun nanti dimungkinkan tapi orang tua berkeberatan, itu hak orang tua bisa mengikuti secara online atau virtual atau daring, kalau nanti dimungkinkan dibuka," ucapnya.

Dinas Kesehatan juga, kata dia, saat ini sedang membuat satu konsep pilot project di beberapa sekolah di seluruh wilayah Jakarta dengan beberapa percontohan untuk dimungkinkannya tatap muka dengan syarat-syarat yang ketat sesuai protokol kesehatan.

"Batasnya ada nanti 50 persen, nanti dapat persetujuan dari semua pihak, dari kesehatan, epidemiolog, semua, termasuk para orang tua. Saat ini sedang dicari, dipilih sekolah-sekolah mana yang akan dijadikan sebagai tempat tempat dimungkinkannya tatap muka dalam rangka percontohan," tutur dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X