Jerusalem Post Klaim Indonesia Akan Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel, Kemlu Bantah

- Senin, 14 Desember 2020 | 23:06 WIB
Bendera Israel. (Photo/REUTERS/Nir Elias)
Bendera Israel. (Photo/REUTERS/Nir Elias)

Belakangan ini media Israel The Jerusalem Post mengabarkan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara yang akan membuka hubungan dengan Negara Yahudi tersebut.

Selain Indonesia, Oman juga akan mengambil langkah sama. Kabar mengenai Indonesia akan berdamai dengan Israel, didapat The Jerusalem Post dari sumber diplomatik yang tidak identitasnya.

Dari sumber tersebut, Indonesia dan Oman akan mengumumkan normalisasi hubungan sebelum Presiden Donald Trump mengakhiri masa jabatan pada 20 Januari 2021.

The Jerusalem Post juga menulis nama Indonesia sempat disebut oleh Menteri Intelijen Israel Eli Cohen saat diwawancarai oleh Army Radio.

Sementara itu, jelang masa jabatannya berakhir Pemerintah Trump menjembatani perdamaian Israel dan beberapa negara Arab dan mayoritas Muslim seperti, Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan dan Maroko.

Baca juga: Eijkman Ingatkan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Jalan Berdampingan

Sementara itu, dari sumber pemerintahan AS juga pernah menyebut bahwa negara-negara Islam lainnya juga akan mengikuti jejak UEA dan kawan-kawan. Salah satu yang disebut AS adalah Arab Saudi.

Bahkan PM Israel Benjamin Netanyahu dikabarkan berbagai media Israel telah bertemu Pangeran Mohammed bin Salman untuk membahas normalisasi.

Kabar tersebut dibantah otoritas Saudi. Mereka memastikan Saudi tak akan membuka hubungan dengan Israel sampai Palestina merdeka.

Sementara itu, Jubir Kemlu RI Teuku Faizasyah membantah bahwa Indonesia akan berdamai dengan Israel. Bahkan, pihaknya menyebut Kemlu sama sekali tidak pernah menjalin komunikasi dengan Pemerintah Israel.

Tak hanya itu, Faizasyah juga mengatakan bahwa tidak adanya komunikasi dengan Israel menyusul isu Palestina dan pihaknya mengaku secara konsisten mendukung amanah tersebut sebagai dukungan terhadap Palestina.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X