The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menteri BUMN Erick Thohir Harap UMKM Dapat Bunga Pinjaman Murah
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Photo/ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
News

Menteri BUMN Erick Thohir Harap UMKM Dapat Bunga Pinjaman Murah

Rabu, 16 Desember 2020 17:49 WIB 16 Desember 2020, 17:49 WIB

INDOZONE.ID - Menteri BUMN Erick Thohir berharap pelaku usaha ultramikro, mikro, kecil, dan menengah mendapatkan bunga pinjaman atau pembiayaan yang lebih murah.

"Salah satunya yang ditekankan di sini adalah bunga, jangan sampai pelaku usaha kecil mendapatkan bunga pinjaman yang mahal, sementara pengusaha besar mendapatkan bunga kredit yang murah," katanya dilansir dari Antara, Rabu (16/12/2020).

Selain itu, menurut Erick hal tersebut terjadi karena struktur keuangannya. Ia mencontohkan PNM menerbitkan untuk kebutuhan pemberian dana pinjaman, yang mungkin bunganya sembilan persen.

Baca juga: Beredar Sprindik Tetapkan Erick Thohir Sebagai Tersangka, KPK Tegaskan Surat Itu Palsu

Namun, Bank BRI dengan pasar yang besar bunga pinjamannya tiga persen. Oleh karena itu, Menteri BUMN berupaya menggabungkan satu data ultramikro dan UMKM dengan upaya agar pengusaha UMKM bisa naik kelas.

"Hal ini tentu kita ingin juga memastikan Bank BRI yang besar juga bisa membantu PNM untuk supaya bisa memfasilitasi pelaku usaha kecil mendapatkan bunga atau sistem bagi hasil yang jauh lebih baik. Jangan seperti bandul yang berat atau condong kepada pengusaha-pengusaha besar, namun pelaku usaha kecil justru mendapatkan pembiayaan atau pinjaman yang lebih mahal," katanya.

"Pelaku usaha ultramikro yang tadinya unbankable kemudian bisa naik kelas menjadi bankable. Pelaku usaha kecil yang sebelumnya hanya mendapatkan pinjaman Rp2 juta kemudian bisa naik kelas dengan mendapatkan pinjaman Rp50 juta," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US