Wapres Izinkan Wilayah Zona Hijau Buka Sekolah Berbasis Asrama

- Rabu, 10 Juni 2020 | 22:38 WIB
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memberikan keterangan pers kepada media melalui teleconference di kediaman dinas Wapres, Jakarta Pusat Senin (8/6/2020). (Photo/Dok.Asdep KIP Setwapres/Jerry)
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memberikan keterangan pers kepada media melalui teleconference di kediaman dinas Wapres, Jakarta Pusat Senin (8/6/2020). (Photo/Dok.Asdep KIP Setwapres/Jerry)

Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin izinkan pembukaan sekolah berbasis asrama di wilayah zona hijau atau yang berkategori aman dari penyebaran Covid-19. Pembukaan sekolah tersebut juga harus menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin dan tetap berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19.

Masduki Baidlowi sebagai Jubir Wapres mengatakan bahwa rencana pembukaan sekolah berbasis asrama itu tidak hanya berlaku bagi pesantren. Ia juga mengatakan bahwa sekolah berbasis agama lain yang menerapkan sistem boarding school atau mondok di area sekolah juga bisa kembali membuka sekolah.

"Pemerintah sangat perhatian dengan pendidikan di era Covid-19. Kali ini, fokusnya pendidikan asrama, baik Islam maupun non-Islam. Tujuannya agar lembaga pendidikan berasrama itu tidak menjadi klaster baru ketika (sekolah) sudah aktif kembali," kata Masduki, Rabu (10/6/2020).

Kata Masduki, Wapres Ma'ruf berpesan agar setiap lembaga pendidikan tersebut disiapkan hand sanitizer yang memadai dan sesuai standar kesehatan dari Kemenkes. Sejumlah kementerian juga terlibat dalam persiapan pembukaan sekolah itu.

"Jadi di situ (sekolah) akan dibangun sanitasi dan sebagainya, disiapkan sedemikian rupa. Kemudian dilibatkan Menkeu karena ada perencanaan keuangannya di situ. Kenapa ada Menkes? Karena ada standar kesehatan di situ," lanjut Masduki.

"Ada pun pesantren di zona merah yang ingin membuka, di zona merah atau jingga, maka itu harus melakukan koordinasi dengan gugus tugas setempat," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X