Ada Jaringan Diduga Pasar Muamalah di Bantul, Semua Polda akan Telusuri Jaringannya

- Sabtu, 6 Februari 2021 | 11:10 WIB
Pasar muamalah yang disegel polisi, di Tanah Baru, Depok (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
Pasar muamalah yang disegel polisi, di Tanah Baru, Depok (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Disperindag Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menemukan pasar yang diduga memiliki jaringan dengan Pasar Muamalah di Kabupaten Bantul.

"Sejauh ini di kabupaten lain belum ada kecuali di Kabupaten Bantul," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY, Yanto Apriyanto, dikutip dari Antara, Sabtu (6/2/2021).

Pemerintah Kabupaten Bantul telah bergerak cepat menutup tiga pasar yang diduga jaringan Pasar Muamalah karena menggunakan dirham dan dinar untuk bertransaksi.

Tiga pasar itu berlokasi di Kecamatan Sedayu, timur RSUD Panembahan Senopati Bantul di Desa Trirenggo, dan di Jalan Parangtritis km 4,3 Saman, Desa Bangunharjo, Sewon.

Para pedagang pasar di Jalan Parangtritis Bantul yang diduga terkait dengan Pasar Muamalah, biasanya melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan mata uang asing berupa koin dirham dan dinar setiap Minggu hari pasaran Legi. Sedangkan hari-hari biasa tetap menggunakan mata uang rupiah.

"Tapi di hari-hari biasa tidak menutup kemungkinan mereka juga menerima mata uang dinar dan dirham juga," kata dia.

Pemerintah telah mensosialisasikan kepada pengelola pasar agar menghindari mata uang asing dalam melakukan transaksi.

"Kalau hanya untuk memberdayakan UMKM tidak masalah asal mata uangnya jangan mata uang asing. Silakan mengembangkan UMKM, tapi kalau menggunakan selain mata uang rupiah ya terpaksa kita melaksanakan tindakan," kata dia.

Menyikapi Pasar Muamalah ini, semua Polda di Indonesia akan menelusuri keberadaan pasar serupa dengan Pasar Muamalah, Depok.

Polisi memastikan akan menindak pasar lainnya bila terbukti melakukan transaksi jual beli menggunakan mata uang selain rupiah seperti yang terjadi di Pasar Muamalah bentukan tersangka Zaim Saidi di Depok, Jawa Barat. 

"Seluruh Polda mendata terhadap kasus-kasus yang sejenis Pasar Muamalah yang terjadi di Depok," ujar dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X