Sepanjang 2020, Polri Usut 352 Kasus Hoaks di Seluruh Indonesia

- Jumat, 5 Februari 2021 | 18:02 WIB
Ilustrasi hoaks. (Kominfo.go.id)
Ilustrasi hoaks. (Kominfo.go.id)

Mabes Polri membeberkan jumlah kasus hoaks di seluruh wilayah Indonesia yang diusut oleh pihaknya sepanjang tahun 2020. Tercatat, ada sebanyak 352 kasus hoaks selama satu tahun kemarin.

"Data di tahun 2020 untuk berita hoaks itu ada 352 kasus yang kita tangani," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono dalam jumpa pers di Youtube Kemenkes, Jumat (5/2/2021).

Untuk kasus sebaran berita hoaks terkini, Argo menyebut ada berita hoaks terkait Jakarta lockdown. Padahal nyatanya belum ada keputusan prihal Jakarta lockdown.

Lebih jauh Argo mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat menyebarkan suatu berita. Dia menyarankan masyarakat untuk mencari info yang valid sebelum akhirnya memutuskan untuk menyebarkan suatu informasi.

"Kita dari Polri dan Kemenkes berharap masyarakat untuk melihat dari adanya broadcast itu. Kegiatan untuk Covid bisa dicek langsung ke Kemenkes, ada situs dan nomor kontaknya ada kebenarannya disana," kata Argo.

"Masyarakat diminta untuk saring dulu informasi baru nanti di-sharing. Kadang dari grup sebelah langsung digeser, dikirimkan, harus dibaca betul. Kalau memang tidak benar jangan di-share kembali, silakan tanya ke Kemenkes bisa juga ditanyakan ke kami ke kepolisian nanti kami komunikasikan ke instansi yang berwenang," pungkas Argo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X