Kisah Mujenih Petugas Kebersihan KRL yang Kembalikan Uang Rp500 juta, Sempat Dikira Sampah

- Jumat, 10 Juli 2020 | 09:40 WIB
Mujenih. (Istimewa)
Mujenih. (Istimewa)

Petugas kebersihan kereta rel listrik (KRL), Mujenih (30) menuai pujian dari publik karena aksinya yang mengembalikan uang Rp500 juta yang ia temukan di dalam sebuah kantong plastik.

Uang tersebut ia temukan di gerbong kereta saat parkir di Stasiun Bogor Jawa Barat.

"Di gerbong tiga dari belakang, ada di bawah kursi prioritas. Sempat ditendang-tendang, dikira itu sampah," kata Mujenih, dilansir dari Antara, Kamis (9/7/2020).

Mujenih menemukan uang Rp500 juta tersebut sekitar pukul 15.30 WIB saat sedang mengepel lantai KRL jurusan Jakarta-Bogor yang baru saja tiba di Stasiun Bogor.

-
Uang Rp 500 juta ditemukan di KRL (Dok. Mujenih)

Pada awalnya, Mujenih tidak tahu kalau kantong plastik yang ia temukan tersebut berisi uang dan sempat mengira itu hanya sampah.

"Awalnya saya lagi kerja, terus kata keamanannya ada bungkusan, sampah atau apa ya, saya buka berdua sama dia. Pas liat, saya langsung kembalikan saja ke PS (passanger service) Stasiun Bogor," ujar Mujenih.

Tak tergoda dengan jumlahnya yang fantastis, saat menemukan uang tersebut, Mujenih langsung memilih menyerahkan uang tersebut ke pihak berwenang. Menurut dia, bagaimana pun, uang tersebut adalah hak orang lain yang harus dikembalikan.

Usai menyerahkan setumpuk uang dalam plastik hitam ke PS Stasiun Bogor, selang 10 menit pemiliknya yang merupakan laki-laki paruh baya, langsung datang mengambilnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X