Serapan Anggaran di Bidang Kesehatan Baru 7%, Jokowi: Belum Optimal!

- Senin, 27 Juli 2020 | 11:34 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa serapan stimulus anggaran untuk penanganan Covid-19 hingga saat ini baru Rp136 triliun atau hanya 19% dari total anggaran yang dikeluarkan, yakni sebanyak Rp695 triliun.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi saat menggelar rapat dan pengarahan kepada Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi secara virtual di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/7/2020).

“Mengenai penyerapan stimulus penanganan Covid-19 ini masih belum optimal, dan kecepatannya masih kurang,” ucap Jokowi.

Berdasarkan total anggaran tersebut, disebutkan Jokowi untuk sektor kesehatan yang baru terserap hanya sebesar 7% dari total sebanyak Rp87 triliun yang telah dianggarkan oleh pemerintah.

“Di sektor kesehatan baru terealisasi 7%," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Sedangkan untuk sektor perlindungan sosial terserap 38%, anggaran bantuan UMKM terserap 25%, serta dukungan untuk sektoral dan pemerintah daerah baru terserap 6,5%, dan insentif usaha terserap 13%.

"Inilah yang harus segera diatasi oleh komite dengan melakukan langah-langkah terobosan, bekerja lebih cepat, sehingga masalah serapan anggaran yang belum optimal tadi betul-betul bisa diselesaikan," tutup Jokowi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X