Bantu Korban Banjir, ACT Dirikan Posko Kemanusiaan

- Kamis, 2 Januari 2020 | 23:13 WIB
Direktur Program ACT Wahyu Novyan (kanan) saat diwawancarai awak media massa di Jakarta, Kamis (2/1/2020). (Photo/ANTARA/Muhammad Zulfikar)
Direktur Program ACT Wahyu Novyan (kanan) saat diwawancarai awak media massa di Jakarta, Kamis (2/1/2020). (Photo/ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendirikan posko kemanusiaan di wilayah Jabodetabek sebagai upaya pemberian bantuan kepada para korban yang terdampak.

"Kami sedang dalam proses pendirian puluhan induk posko wilayah dan daerah di Jabodetabek," kata Direktur Program ACT Wahyu Novyan di Jakarta, Kamis (2/1/2020), terkait bantuan yang diupayakan untuk membantu korban banjir Jakarta.

Selama sepekan ke depan, ACT akan mendirikan 14 induk posko wilayah yang masing-masingnya membawahi tiga Induk posko daerah. Posko tersebut di antaranya lima posko di Jakarta, tiga posko di Tangerang, dua posko di Bekasi, dua posko di Bogor, satu posko di Depok dan satu posko di Karawang.

Saat ini sudah ada posko ACT yang telah aktif dan melayani warga terdampak banjir. Posko itu berada di Ciputat, Pondok Gede, Petamburan dan lainnya.

ACT juga tengah mendirikan dapur umum untuk menyediakan makanan siap santap bagi korban banjir, baik yang bertahan di rumah maupun yang mengungsi.

"ACT juga mendistribusikan air bersih dan logistik termasuk selimut dan pakaian untuk warga terdampak banjir," katanya.

Pihak ACT juga menurunkan armada kemanusiaan untuk mendistribusikan bantuan ke posko, baik itu "Humanity Food Truck" atau truk makanan kemanusiaan, "Humanity Water Truck" atau truk air kemanusiaan dan "Ambulance Pre-Hospital" atau pra-rumah sakit ambulans.

"Nanti kami juga akan distribusikan air minum wakaf dan global wakaf bagi warga Jakarta yang terdampak banjir," ujar dia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X