WNI di Natuna akan Dipulangkan Akhir Pekan Ini Seusai Makan Siang

- Kamis, 13 Februari 2020 | 19:49 WIB
Para WNI yang diobservasi kesehatan akan segera dipulangkan (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Para WNI yang diobservasi kesehatan akan segera dipulangkan (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Masa observasi kesehatan WNI di Natuna hampir selesai. Berdasarkan hasil rapat di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), masa observasi berakhir pada Sabtu (15/2/2020) mendatang. Skema pemulangan para WNI pun sudah ditetapkan.

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Achmad Yurianto menerangkan karantina para WNI selesai pada lusa mendatang. Pada pagi harinya, para WNI akan menjalani pengecekan kesehatan terakhir. Lalu pada pukul 12.00 WIB, para WNI bersiap kembali ke Jakarta sehabis makan siang.

"Rencananya jam 7 pagi dari Jakarta menuju Natuna akan berangkat tiga pesawat, dua Boeing-737 dan satu Hercules milik TNI AU. Pesawat akan terbang langsung dari Halim menuju Natuna. Di dalamnya Menkes, Menko PMK, BNPB, dan Pemda," ujar Yuri melalui telekonferensi pada temu media, Kamis (13/2/2020), di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan.

Sesampainya di Natuna, rombongan dari Jakarta direncanakan langsung menjemput para WNI di Hanggar Lanud Raden Sadjad. Setelah itu bersama-sama kembali ke Jakarta. Pesawat akan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

"Di Halim nanti disambut oleh Komisi IX DPR, Kemendagri, dan perwakilan Pemda," kata Yurianto.

Setelah sampai di Jakarta, para WNI akan dikembalikan ke pemerintah daerahnya masing-masing. Berdasarkan data WNI berasal dari 30 provinsi.

"Paling banyak dari Jawa Timur 68 orang, lalu Lampung satu orang, Jakarta 12 orang, Aceh 13 orang, Papua enam orang, Papua Barat delapan orang, dan sisanya saya tidak hapal. Harapannya saat sampai di Halim bisa langsung ke Pemda," tandas Yurianto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X