Tetap Bisa Menabung Meski Gaji Kecil, Lakukan 4 Cara Jitu Ini

- Senin, 14 Oktober 2019 | 15:10 WIB
photo/Ilustrasi/Pexels
photo/Ilustrasi/Pexels

Kegiatan menabung bukanlah hal baru, bahkan kita sudah mengenalnya sedari kecil, baik dari orang tua maupun di sekolah. Seperti yang kita ketahui, menabung merupakan kegiatan yang bermanfaat. Dengan menabung, kita bisa mewujudkan rencana yang sudah kita susun sedemikian rupa.

Setiap orang, terlebih mereka yang sudah bekerja, pasti punya keinginan untuk menabung. Menabung mungkin terlihat mudah untuk dilakukan, namun seringkali implementasinya tidak semudah yang dibayangkan.

Ada saja hal yang membuat kita kerap menunda keinginan untuk menabung. Mulai dari pengeluaran yang sering tidak terduga, gaji pas-pasan, atau bahkan penghasilan yang tidak pernah cukup untuk menutupi semua kebutuhan. Padahal, menabung pun bisa dimulai dari nominal yang kecil, asalkan rutin dilakukan.

Nah, buat kamu yang sering gagal menabung dengan alasan gaji terlalu kecil, bisa mencoba melakukan 4 cara jitu ini, seperti dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Senin (14/10):

1. Berhemat dan Prioritaskan Menabung Setelah Gajian

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Sebaiknya, kamu mulai menghemat pengeluaran harian dari sekarang. Jadikan menabung sebagai hal yang diprioritaskan setelah gaji cair setiap bulannya. Hal ini penting dilakukan, sebelum nantinya mengalokasikan gaji untuk hal-hal lainnya. Kamu juga bisa berhemat dengan membawa bekal makan siang dari rumah, jadi uang makan siangmu bisa ditabung.

2. Tentukan Jumlah yang Ingin Ditabung

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Sebelum menabung, cobalah tentukan jumlah yang ingin ditabung setiap bulannya. Jumlah itu harus disesuaikan dengan penghasilan bulanan, supaya menabung tidak terasa berat. Misalnya, nominal menabung setiap bulan Rp100 ribu atau Rp200 ribu saja. Tidak masalah jika jumlahnya tidak besar, asalkan dilakukan secara rutin dan konsisten.

3. Simpan Semua Catatan Pengeluaran

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Cara jitu untuk menabung berikutnya adalah simpan semua catatan pengeluaran secara berkala. Ini berguna sebagai pedoman untuk merencanakan anggaran di bulan berikutnya atau bisa dijadikan sebagai pembanding setiap bulan. Bila perlu, kamu pun bisa mencatat poin apa saja yang harus diperbaiki di bulan berikutnya agar perencanaan keuanganmu menjadi lebih sehat.

4. Investasi atau Tabungan Emas

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Tidak peduli seberapa besar atau kecil penghasilanmu, kamu bisa memilih tabungan emas sebagai investasimu di masa depan. Tabungkanlah uangmu di bank pilihan yang memiliki layanan tabungan emas. Tabungan emas tentu berbeda dengan tabungan biasa, karena tidak akan diberikan fasilitas kartu ATM untuk tarik-tunai. Selain itu, tabungan emas akan lebih awet dan aman.

Jadi intinya, gaji besar atau kecil tidak menjadi halangan untuk menabung dari sekarang. Menabung itu mudah, asalkan ada niat. Selamat menabung, guys!

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X