Dipanggil Jokowi ke Jakarta, Gubernur NTT Takut Jadi Menteri

- Jumat, 18 Oktober 2019 | 18:58 WIB
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, diisukan bakal menjadi menteri Jokowi (Antara/Benny Jahang).
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, diisukan bakal menjadi menteri Jokowi (Antara/Benny Jahang).

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Laiskodat, mengaku diundang Presiden Joko Widodo ke Jakarta. Viktor khawatir jika undangan itu menginformasikan dirinya masuk kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Viktor meminta doa restu kepada seluruh rakyat NTT terkait undangan tersebut. Sebenarnya, kader Nasdem ini mengaku lebih memilih jabatan gubernur daripada jadi pembantu Jokowi di kabinet.

Jika nantinya undangan Jokowi ke Jakarta untuk membebastugaskan dirinya dari posisi gubernur dan masuk ke dalam kabinet, Viktor akan menerima keputusan dari presiden.

Keputusan tersebut, kata Viktor, bukan berarti ia lari dari tanggung jawab sebagai Gubernur NTT, melainkan untuk menjalankan amanah presiden. 

"Saya mohon izin jangan sampai ditugaskan Presiden untuk tetap bertugas di Jakarta. Jangan sampai besok saya ke Jakarta dan dapat tugas yang lebih besar. Tapi kalau diperintah oleh presiden saya siap melaksanakan tugas negara demi kepentingan yang lebih besar NKRI," kata Viktor di NTT, Kamis (17/10) malam. 

Wacana Viktor duduk di kabinet sudah mencuat dalam tiga bulan belakangan. Di kesempatan berbeda, kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Marius Jelamu, mengklaim Jokowi telah dua kali berkomunikasi dengan Viktor terkait jabatan menteri pada kabinet selanjutnya. Terakhir, sambung Marius, ajakan masuk kabinet dilontarkan Jokowi saat berkunjung ke Kabupaten Kupang Agustus 2019 lalu. 

"Dalam kunjungan ke Labuan Bajo, Juli 2019, Presiden Jokowi telah menyampaikan langsung kepada Viktor untuk siap menjadi menteri," ujar Marius, Jumat (18/10). 

Viktor disebut-sebut bakal menduduki posisi Siti Nurbaya Bakar yang sebelumnya menjabat Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup pada Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla. Siti sendiri merupakan kader Partai Nasdem yang ditugaskan duduk di kabinet. Terkait hal ini, Marius enggan berspekulasi jika kabar posisi menteri untuk Viktor benar adanya. 

"Presiden melihat Viktor memiliki kapasitas menjadi Menteri. Kami belum tahu jabatan menteri apa yang akan ditempati," ujar Marius. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X