Cegah Covid-19, Dosen UGM Kolaborasi Ciptakan Bilik Disinfektan
Bilik disinfektan buatan dosen UGM yang diberi nama "ID-Chamber" untuk mencegah penyebaran COVID-19. (Photo/ANTARA/HO/Humas UGM)
News

Cegah Covid-19, Dosen UGM Kolaborasi Ciptakan Bilik Disinfektan

Kamis, 26 Maret 2020 22:03 WIB 26 Maret 2020, 22:03 WIB

INDOZONE.ID - Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona agar semakin tak bertambah, sejulmlah dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berkolaborasi membuat bilik disinfektan yang diberi nama 'ID-Chamber'. Alat tersebut akan menyemprotkan cairan kabut disinfektan kepada orang yang memakainya.

Dai penjelasan Sekretaris DPkM UGM Rachmawan Budiarto, bilik disinfektan tersebut telah diuji coba di kantor Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) UGM sejak Senin (23/3/2020), serta diuji cobakan di Rumah Sakit UGM pada Kamis (26/3/2020).

"Menurut sejumlah pihak, alat semacam 'fog chamber' ini bisa membantu membersihkan permukaan orang yang masuk di dalamnya. Alat ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam melawan virus ini," kata melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis (26/3/2020).

Ide tersebut diawali dari keprihatinan para dosen UGM atas kebutuhan yang mendesak terhadap produk yang dapat mencegah terjadinya penularan di tanah air. Sementara itu, huruf 'ID' yang dipakai alat tersebut diambil dari inisal salah satu guru besar UGM yang beberapa hari lalu meninggal dunia akibat Covid-19.

"Ada banyak teori tentang alat disinfektan, dan teori itu harus segera diwujudkan sebagai solusi riil untuk kondisi darurat. Nanti saat kondisi sudah normal kembali saat Indonesia sudah bisa mengalahkan virus corona Covid-19, alat ini bisa dikembangkan sendiri untuk kemandirian bangsa," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US