The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Antisipasi Covid-19, Mendagri Minta Seluruh Kepala Desa Segera Selesaikan APBdes
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (photo/ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
News

Antisipasi Covid-19, Mendagri Minta Seluruh Kepala Desa Segera Selesaikan APBdes

Sabtu, 21 Maret 2020 23:00 WIB 21 Maret 2020, 23:00 WIB

INDOZONE.ID - Mengatasi dampak dari wabah Covid-19, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah meminta seluruh jajaran kepala desa di Indonesia untuk segera menyelesaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) agar segera dilakukan tahap pencairan. Hal itu disampaikan Tito Karnavian setekah melaksanakan rapat bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan di Palembang, Sabtu (21/3/2020).

"Dari 40 persen dana desa (Rp28,8 triliun) yang seharusnya sudah dicairkan pada tahap awal, baru 40 persennya yang sudah tersalurkan hingga saat ini," kata Tito.

Selain itu, Tito juga mengatakan lambannya pencairan dana desa bukan kesalahan pemerintah pusat. Hal itu karena belum tuntasnya APBDes dari kepala desa yang membuat Badan Musyawarah Desa (Bamusdes) serta camat belum melakukan tindakan review.

Tak hanya itu, Tito juga tegaskan bahwa pencairan dana desa dapat dilakukan lebih cepat dengan cara transfer langsung ke rekening desa. Anggaran yang telah disiapkan sebesar Rp72 triliun pemerintah sebagai untuk percepatan ekonomi desa.

Dana desa merupakan alat pertahanan desa, kata dia, terutama dalam menghadapi dampak-dampak COVID-19 yang tengah menjadi pandemi di dunia dan mendatangkan tekanan ekonomi saat ini.

"Saya minta semua gubernur dan kepala daerah betul-betul memberikan arahan supaya desa-desa segera musyawarah dengan Bamusdes, para camat juga jangan mempersulit review," ujar Tito.

Tito juga meminta perangkat desa agar melaksanakan imbauan pemerintah pusat seperti melakukan social distancing dan menyediakan fasilitas pencegahan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US