Imbau Tak Mudik Lebaran Tahun Ini, Kemenhub: Bisa Video Call

- Rabu, 25 Maret 2020 | 14:59 WIB
Calon penumpang antre menunggu bus TransJakarta di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (16/3/2020). (photo/ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Calon penumpang antre menunggu bus TransJakarta di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (16/3/2020). (photo/ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Terkait meluasnya pandemik Covid-19 di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dengan beberapa lembaga terkait mengimbau masyarakat agar tidak melakukan mudik Lebaran tahun ini.

Imbauan itu disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Budi Setiyadi dalam keterangan video Kemenhub, Rabu (25/3/2020). Menurutnya, keputusan itu diambil pemerintah sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

"Dari hasil diskusi dan rapat-rapat kita dengan beberapa kementerian dan lembaga termasuk eselon 1 di kementerian perhubungan, bahwa kegiatan mudik di 2020 ini nampaknya kurang sejalan dengan kebijakan pemerintah," kata Budi.

"Kementerian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Darat, nanti akan bersama-sama dengan kementerian terkait dan kepolisian kita akan mengimbau kepada masyarakat untuk Lebaran di 2020 untuk tidak melaksanakan mudik. Kemudian kita akan melaksanakan silaturahmi hanya dari tempat masing-masing. Kita bisa menggunakan WA bisa video call dengan keluarga," tambahnya.

Selain itu, Kemenhub juga mengatakan bahwa pihaknya telah berkordinasi dengan Kepolisian untuk mengimbau secara luas. Ia juga menyarankan masyarakat untuk dapat menghubungi keluarga menggunakan platform yang sering dipakai seperti Video Call.

"Kita harus bahu membahu antara pemerintah pusat dan daerah termasuk masyarakat untuk kompak mencegah penyebaran COVID-19 ini," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X