Negatif Corona, 188 WNI ABK World Dream yang Dikarantina Segera Dipulangkan
Kapal pesiar World Dream. (REUTERS/Tyrone Siu)
News

Negatif Corona, 188 WNI ABK World Dream yang Dikarantina Segera Dipulangkan

Jalani masa karantina 14 hari.

Kamis, 12 Maret 2020 21:52 WIB 12 Maret 2020, 21:52 WIB

INDOZONE.ID - Juru Bicara Pemerintah Terkait Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto memastikan bahwa sebanyak 188 WNI Anak Buah Kapal World Dream yang telah menjalani masa karantina 14 hari di pulau Sebaru Kecil, dinyatakan negatif virus corona (Covid-19).

Para ABK tersebut akan segera dijemput dengan KRI Semarang untuk dibawa ke Kolinlamil Tanjung Priok, sebelum nantinya diserahkan kepada perwakilan daerah masing-masing untuk dipulangkan ke kampung halamannya.

"188 ABK itu besok (13/3/2020) akan dijemput dengan KRI Semarang, dibawa ke Kolinlamil di Priok, dan diserahkan ke perwakilan pemerintah daerah," jelas Yurianto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Menurutnya, para ABK tersebut akan menjalani pemeriksaan virus corona secara menyeluruh sebelum dipulangkan. Prosedur pemulangannya nanti juga akan mengikuti protokol-protokol yang berlaku.

"Tentunya akan pulang ada pemeriksaan total, evaluasi total setelah itu pulang dan tidak kemudian dilepas ada SOP kita di dalam kaitan ini dan mudah-mudahan tidak ada masalah," pungkasnya

Sebagai informasi saja, proses evakuasi para WNI ABK World Dream dari Hong Kong tersebut dilakukan pada 28 Februari 2020. Sebanyak 188 WNI itu telah melewati proses 14 hari masa observasi yang dilakukan di pulau Sebaru Kecil dan dalam masa karantina tersebut tidak ditemukan adanya Orang Dalam Pengawasan (PDP) yang kemudian meningkat statusnya menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).
    

TAG
Fahmy Fotaleno
Ade Indra
Sigit Nugroho
JOIN US