The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terungkap! Ini Deretan Adegan yang Dipraktekan saat Rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan
Aparat keamanan berusaha menghalau suporter yang masuk ke lapangan usai pertandingan Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan. (ANTARA/Ari Bowo Sucipto)
News

Terungkap! Ini Deretan Adegan yang Dipraktekan saat Rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 20 Oktober 2022 21:51 WIB 20 Oktober 2022, 21:51 WIB

INDOZONE.ID - Mabes Polri mengungkap isi dari rekonstruksi dalam tragedi maut di Stadion Kanjuruhan, Malang. Isi rekonstruksinya mulai dari pihak kepolisian yang sedang melakukan apel pengamanan hingga kericuhan yang terjadi.

"Kejadian di dalam stadion mulai apel pasukan yang dipimpin mantan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat pukul 15.45 WIB," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (20/10/2022).

Dedi menyebut adegan selanjutnya memperagakan saat pertandingan Arema melawan Persebaya pada babak pertama hingga babak kedua. Setelahnya, ada adegan disaat supporter yang masuk ke dalam area lapangan hingga adegan polisi melepas gas air mata.

"Selanjutnya supporter ada yang masuk lapangan dan terjadi kericuhan sehingga terjadi penembakan gas air mata yang dilakukan oleh anggota Samapta Polres Malang, anggota Brimob Kompi Porong dan anggota Brimob Kompi Madiun di dalam areal Stadion," beber Dedi.

BACA JUGA: TGIPF Sebut Penggunaan Gas Air Mata Kedaluwarsa Bentuk Penyimpangan dan Pelanggaran

Tragedi Stadion Kanjuruhan terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 malam pasca laga antara Arema FC melawan Persebaya. Para supporter merangsak masuk ke dalam lapangan hingga akhirnya polisi melepas gas air mata.

Gas air mata tersebut membuat para supporter panik dan berlarian mencari pintu keluar. Sayangnya, banyak pintu keluar yang terkunci hingga berakibat banyaknya korban berjatuhan akibat berdesak-desakan hingga kekurangan oksigen.

Dalam kasus ini, Polri sudah menetapkan enam orang sebagai tersangka. Keenam tersangka tersebut antara lain berasa dari warga sipil hingga anggota polisi itu sendiri.

BACA JUGA: Polri Akui Terdapat Gas Air Mata Kedaluwarsa Dalam Tragedi Kanjuruhan

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Samsudhuha Wildansyah
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US