The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Orang Penyuplai Senjata dan Amunisi ke KKB Ditangkap, Salah Satunya Ketua KNPB
Polisi Menangkap Tiga Orang Penyuplai Senjata dan Amunisi ke KKB (Dok. Divisi Humas Polri)
News

3 Orang Penyuplai Senjata dan Amunisi ke KKB Ditangkap, Salah Satunya Ketua KNPB

Minggu, 25 September 2022 10:00 WIB 25 September 2022, 10:00 WIB

INDOZONE.ID - Pihak kepolisian yang tergabung dalam Operasi Damai Cartenz 2022 berhasil menangkap tiga orang yang salah satunya ternyata Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) berinisial YA. Mereka ditangkap karena keterlibatannya menyuplai senjata beserta amunisinya ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2022 berhasil mengungkap jaringan Senmu KKB Intan Jaya di Mimika. Dalam pengungkapan kasus ini, Satgas Gakkum mengamankan Ketua KNPB Mimika yang diduga sebagai pelaku utama dalam kasus ini," kata Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (25/9/2022).

Kamal menyebut penangkapan ini terjadi pada Kamis, 22 September 2022 lalu setelah sebelumnya polisi mendapat informasi akan adanya transaksi kepada KKB. Berangkat dari informasi tersebut, satu pelaku berinisial MN ditangkap di Mimika, Papua.

Dalam penangkapan tersebut, pihak kepolisian berhasil mengamankan barang bukti antara lain 95 butir amunisi tajam berwarna kuning bergaris hijau caliber 5.56, 18 butir amunisi karet berwarna kuning bertuliskan pin 7.62 TK, sembilan besi rel amunisi bertuliskan pin K50 dan sejumlah ponsel serta tas.

"Setelah berhasil kita amankan, kita lakukan penggeledahan di rumah tersangka dan menemukan sejumlah barang bukti. Kemudian kita lakukan pengembangan terhadap pelaku MN," beber Kamal.

Keesokan harinya, dua tersangka berinisial BK dan YA yang diketahui merupakan Ketua KNPB Mimika berhasil ditangkap. Keduanya ditangkap di tempat berbeda namun masih di wilayah Mimika.

KKB
Polisi Menangkap Tiga Orang Penyuplai Senjata dan Amunisi ke KKB (Dok. Divisi Humas Polri)

BACA JUGA: KKB Bikin Teror Lagi, Kini Bakar 1 Truk di Papua yang Kabarnya Gegara Uang Keamanan

Peran Ketiga Tersangka

Polisi juga membeberkan peran ketiga tersangka ini dalam membantu KKB. Untuk tersangka pertama berinisial MN berperan mencari dan membeli amunisi.

"Untuk BK peranannya sebagai pembeli dan pemilik dana. Sedangkan tersangka YA berperan sebagai penjual Amunisi. Hal itu juga diakuinya dihadapan penyidik, namun YA belum mau terbuka perihal sumber amunisi diperolehnya dari siapa," kata Kamal.

Kabid Humas Polda Papua ini juga menyebut para pelaku menjual amunisi seharga Rp 200 ribu per butir kepada KKB. Ratusan butir peluru pun sudah berhasil dijual oleh mereka.

KKB
Polisi Menangkap Tiga Orang Penyuplai Senjata dan Amunisi ke KKB (Dok. Divisi Humas Polri)

BACA JUGA: OPM Klaim Ancaman Bakal Bunuh Banyak Orang di Papua

Amunisi Ditujukan Untuk KKB Intan Jaya

Selain itu, Kamal mengungkap jika amunisi yang disiapkan para tersangka ditujukan untuk KKB Intan Jaya.

"Rencananya amunisi tersebut akan diberikan ke Undius Kogoya yang merupakan Pimpinan KKB Intan Jaya," paparnya.

Pihak kepolisian sendiri saat ini masih mengembangkan kasus tersebut. Polisi juga masih mencari pelaku-pelaku lain yang ikut terlibat dalam jaringan ini.

"Saat ini pihak kepolisian masih melakukan pengembangan kembali dan pengejaran terhadap tersangka lainnya yang terlibat dalam transaksi jual beli Senmu KKB tersebut," pungkas Kamal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Samsudhuha Wildansyah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US