Kementerian BUMN Dapat Predikat WTP, Erick Thohir: Buah dari Transformasi

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 21:04 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir (Istimewa)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Menteri BUMN Erick Thohir menyebut ini buah dari transformasi yang dilakukan.

Laporan Keuangan Kementerian BUMN kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-15 kalinya berturut-turut. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Tahun 2021 diserahkan oleh Pimpinan Pemeriksa Keuangan Negara VII BPK RI Hendra Susanto kepada Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (7/7/2022).

Pencapaian ini sekaligus menandai diperolehnya predikat opini WTP secara konsisten sejak tahun 2007.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, segala transformasi yang ada di Kementerian BUMN dan BUMN selama 3 tahun terakhir merupakan hasil kerja sama yang erat dengan BPK. Meski kembali mempertahankan predikat opini WTP, Erick tidak berpuas diri.

"Kami berharap dukungan penuh kepada BPK untuk terus membantu kami dalam melanjutkan transformasi ini,” ujar Erick mengutip keterangan resmi, ditulis Jumat (8/7/2022).

Menurut Erick, pemeriksaan dan audit BPK sangat diperlukan agar dapat melakukan evaluasi dan introspeksi. Keduanya dilakukan pada hal-hal yang kurang sesuai atau berpotensi merugikan negara.

Semakin cepat diketahui, kata dia, maka bisa lebih baik mempersiapkan mekanisme pencegahan. Disamping itu bisa jadi modal mengambil langkah hukum jika terbukti ada penyimpangan.

Erick menegaskan, ini menjadi bukti nyata dari komitmen segenap pegawai Kementerian BUMN. Khususnya dalam menjalankan amanah secara transparan dan akuntabel sesuai prinsip Good Governance.

“Tentu kami juga menyadari, perbaikan korporasi tentu harus diiringi juga perbaikan dengan keseimbangan pasar dengan intervensi market yang diharapkan oleh pemerintah juga. Karena memang tupoksi kami ada dua, selain memang menyehatkan korporasinya juga bagaimana memastikan pelayanan masyarakat atau keseimbangan pasar ini bisa tetap terjaga,” kata Erick.

-
Kementerian BUMN Dapat Predikat WTP (Istimewa)

BACA JUGA: Lawan Atlet Pingpong SEA Games 2017, Abdel Dapat Semangat dari Erick Thohir

Dalam kesempatan itu, Menteri BUMN menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap BPK yang selama ini telah menjadi mitra Kementerian BUMN dalam mengawal BUMN.

Sejumlah catatan BPK akan segera ditindaklanjuti dan menjadi masukan yang berharga untuk mewujudkan Good Governance yang konsisten, baik di Kementerian BUMN maupun BUMN. Erick menegaskan, dirinya tidak akan mentolerir segala bentuk indikasi kecurangan apapun yang berpotensi merugikan negara.

Bahkan, beberapa kasus korupsi di tubuh BUMN telah berhasil diungkap karena Kementerian BUMN tidak segan-segan bersikap transparan dan tidak memberi ruang bagi pelaku kecurangan. Hal ini tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak salah satunya adalah BPK.

“Alhamdulillah tentu banyak sekali hal yang sudah kita kerjasamakan dengan BPK. Kemarin dari hasil audit mereka (BPK) sangat responsif dan bahwa memang BUMN-BUMN sehat itu diperlukan untuk menjaga keseimbangan perekonomian negara. Keseimbangan ini juga memastikan agar ekonomi kerakyatan di BUMN bisa berjalan seimbang,” ujar Erick.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X