Hoaks Penculikan Anak, Wamena Sempat Memanas hingga Polda Papua Berusaha Pulihkan Keamanan

- Jumat, 24 Februari 2023 | 14:05 WIB
Aksi pembakaran yang dilakukan massa di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, Kamis 23 Februari 2023 (ANTARA FOTO/HO-Dokumen Pribadi)
Aksi pembakaran yang dilakukan massa di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, Kamis 23 Februari 2023 (ANTARA FOTO/HO-Dokumen Pribadi)

Kerusuhan terjadi di Wamena, Papua, Kamis (24/2/2023), karena hoaks tentang penculikan anak di bawah umur. Kepolisian Daerah Papua pun mengirim satu kompi personel Brimob untuk memulihkan keamanan di sana.
 
Hoaks penculikan anak di bawah umur itu memicu kerusuhan yang pecah kemarin. Kepolisian Resor Jayawijaya berusaha menghentikan tindakan main hakim sendiri warga, tetapi situasi justru berbalik.

"Insiden itu sebenarnya mau diselesaikan di Polres Jayawijaya, namun ada yang memprovokasi sehingga terjadi kericuhan," kata Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Mathius Fakhiri, INDOZONE mengutip dari ANTARA, Jumat (24/2/2023).

-
Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius Fakhiri (ANTARA FOTO/Evarukdijati)

Baca Juga: Di Pulau Kurudu, Yan Permenas Ajak Masyarakat Aktif Awasi Dana Otsus Papua

Dalam kerusuhan itu, ada 10 orang meninggal dunia dan 41 orang mengalami luka-luka, termasuk 18 aparat keamanan, serta 15 bangunan dibakar massa.

"Saya turut berdukacita atas jatuhnya korban yang cukup banyak akibat kerusuhan di Wamena," kata Irjen Fakhiri.

Kapolda Papua berharap insiden di Sinakma, Distrik Wamena, menjadi pembelajaran bagi masyarakat Papua agar tidak terjadi peristiwa yang sama pada masa mendatang.

Baca Juga: KKB Minta Senjata agar Pilot Susi Air Dibebaskan, TNI-Polri Gak Mau Kasih

"Saya menyampaikan permohonan maaf dan turut berduka cita. Dari laporan yang saya diterima, saat ini situasi di Wamena sudah terkendali dan berangsur-angsur kondusif. Forkopimda telah mengambil langkah bersama agar terciptanya situasi yang kondusif dan berkomunikasi dengan tokoh masyarakat setempat," ungkap Kapolda.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X