The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tito Karnavian Perpanjang PPKM Level 1 kecuali di Kabupaten Ini
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (ANTARA/Galih Pradipta)
News

Tito Karnavian Perpanjang PPKM Level 1 kecuali di Kabupaten Ini

Jumat, 10 Juni 2022 13:29 WIB 10 Juni 2022, 13:29 WIB

INDOZONE.ID - Walau kasus Covid-19 cukup landai, pelaksanaan PPKM di sejumlah wilayah tetap dilanjutkan. Ini sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memperpanjang pemberlakuan PPKM melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 untuk pengaturan PPKM di Jawa Bali dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2022 untuk pengaturan PPKM di Luar Jawa Bali, yang akan berlaku mulai tanggal 7 Juni 2022 hingga tanggal 4 Juli 2022.


Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal menjelaskan, dalam perpanjangan PPKM kali ini hampir semua wilayah di Indonesia menerapkan di PPKM Level 1. Lalu hanya 1 kabupaten yang masih berada di Level 2.


“Kita patut bersyukur setelah lebih dari 2 tahun berjibaku dengan penanggulangan Covid-19, di perpanjangan Inmendagri kali ini kita lihat kondisinya semakin membaik. Seluruh daerah (128 kabupaten/kota) di Jawa Bali berada di PPKM Level 1," ujarnya dalam keterangan resmi. 

Dia melanjutkan, di daerah Luar Jawa Bali, disebutkan sebanyak 385 kabupaten/kota berada di PPKM Level 1, dan hanya 1 kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Bintuni yang masih berada di Level 2. 

"Serta tidak ada kabupaten/kota baik di Jawa Bali dan di Luar Jawa Bali yang berada di Level 3 dan Level 4,” terang Safrizal.

Dijelaskan lagi soal konsekuensi daerah yang telah ditetapkan berada di level 1, kegiatan masyarakat bisa berjalan normal 100% berbagai sektor. Namun masyarakat perlu mematuhi protokol kesehatan. 

"Namun saya tetap dan selalu menghimbau walaupun relaksasi kebijakan penggunakan masker telah dikeluarkan, masyarakat tetap harus waspada terhadap potensi-potensi yang dapat menyebabkan penularan covid-19,” kata Safrizal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US