BMKG Minta Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

- Minggu, 9 Oktober 2022 | 13:45 WIB
Ilustrasi cuaca mendung. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Ilustrasi cuaca mendung. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang akan terjadi dalam sepekan ke depan.

“Berdasarkan analisis terkini bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan,” kata Dwikorita dalam keterangannya, Minggu (9/10/2022).

BMKG, kata Dwikorita, memprediksi pada tanggal 9 hingga 15 Oktober mendatang, ada potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. 

Baca Juga: 5 Tips Mudah Merawat Sepatu Kulit saat Cuaca Panas, Jangan Keseringan Dicuci!

Cuaca ekstrem tersebut diprediksi terjadi di 34 provinsi kecuali Sumatra Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, lanjut Dwikorita, untuk periode 8 hingga 10 Oktober berdasarkan prakiraan berbasis dampak, ada 8 wilayah berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga.

Delapan wilayah itu, yakni sebagian wilayah Aceh, sebagian wilayah Banten, sebagian wilayah DKI Jakarta, sebagian wilayah Jawa Barat, sebagian wilayah Jawa Tengah, sebagian wilayah Jawa Timur, sebagian wilayah Kalimantan Barat dan sebagian wilayah Sulawesi Tengah.

Selain itu, Dwikorita, juga mengungkapkan adanya potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia. 

Dia mengatakan, pada periode 8 hingga 14 Oktober 2022 gelombang tinggi 1,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano – Bengkulu.

Kemudian, perairan barat Lampung, Samudra barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, Selat Bali – Lombok – Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, perairan selatan Bali hingga Pulau Sumba, Samudra Hindia selatan Banten hingga Pulau Sumba, dan Laut Natuna.

Lebih lanjut, Dwikorita meminta pihak-pihak terkait untuk melakukan persiapan dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem.

Persiapan tersebut, diungkapkan Dwikorita, antara lain memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air yang siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Baca Juga: 7 Outfit Simpel Enak Dipakai saat Cuaca Panas, Adem Banget!

Kemudian, melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X