Kejagung akan Periksa Johnny G Plate soal Kasus Korupsi BTS, Presiden Jokowi Bilang Begini

- Kamis, 9 Februari 2023 | 16:34 WIB
Menkominfo Johnny G Plate (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Menkominfo Johnny G Plate (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal pemeriksaan terhadap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Kepala Negara mengingatkan, supaya semua pihak menghormati proses hukum.

Sedianya, Johnny diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi pengadaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kemenkominfo tahun 2020-2022, pada hari hari ini.

"Ya, kita semua harus menghormati proses hukum. Semuanya harus menghormati proses hukum," kata Presiden Jokowi usai menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023).

-
Menkominfo Johnny G Plate (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Baca Juga: Batal Hari Ini! Kejagung Bakal Periksa Ulang Menkominfo Johnny G Plate 14 Februari

Sebelumnya, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung batal melakukan pemeriksaan terhadap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G. Plate.

"Pada pagi hari ini, saya berkordinasi dengan tim penyidik dari Jampidsus Kejagung RI dan saya mendapat surat yang dikirim oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia terkait dengan ketidak hadiran daripada saksi JGP, untuk diperiksa pada hari ini," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana, di Kompleks Kejagung, Kamis (9/2/2023).

Ketut mengatakan, pihaknya batal melakukan pemeriksaan lantaran Johnny tengah mendampingi Presiden Jokowi menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatera Utara.

Selain itu, Johnny beralasan akan menghadiri Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi I DPR RI terkait Rancangan Undang-Undang tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Adapun alasan-alasan yang disampaikan oleh Beliau (Johnny), yaitu adalah bahwa pada hari ini beliau dampingi bapak Presiden RI dalam acara Puncak pers nasional di Medan yang kedua mewakili pemerintah dalam rapat kerja dengan komisi 1 DPR RI,” ungkap Ketut.

Kendati demikian, kata Ketut, Kejagung akan menjadwalkan ulang pemeriksaan Johnny. Dia mengatakan Johnny bersedia hadir untuk diperiksa pada 14 Februari 2023.

Baca Juga: Terkait Dugaan Korupsi BTS, Kejagung Periksa Menkominfo Johnny Plate Hari Ini!

“Beliau juga menyampaikan bahwa akan hadir dan sanggup hadir pada Selasa, 14 Februari 2023,” ungkap Ketut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X