Dalam Kondisi Baik, KPK Tegaskan Lukas Enembe Tak Banyak Mengeluh soal Kesehatan 

- Minggu, 5 Februari 2023 | 12:43 WIB
Lukas Enembe. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Lukas Enembe. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri memastikan kondisi kesehatan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe dalam kondisi baik sehingga bisa menjalani proses hukum di KPK. 

Ali menyampaikan, Lukas tidak banyak mengeluhkan kondisi kesehatannya selama ditahan di rumah tahanan (Rutan) Pomdam Jaya Guntur.

"Gini dokter yang menangani kan menyatakan fit to stand trial, bisa dilakukan proses pemeriksaan. Beberapa waktu lalu kalau nggak salah, kalau teman-teman ikuti pemberitaan ada video di rumah sakit, Lukas Enembe bisa jalan, duduk, bisa membaca," kata Ali dalam keterangannya, Minggu (5/2/2023).

Baca Juga: Lukas Enembe Tagih Janji Ketua KPK Firli Bahuri, soal Apa Nih?

Lebih lanjut Ali membantah narasi yang disampaikan tim kuasa hukum Lukas Enembe yang seolah-olah kliennya mengalami sakit keras. Padahal, Lukas selama di dalam tahanan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. 

Kendati demikian, kata Ali, pihaknya tak memungkiri Lukas memang memiliki penyakit. Namun, KPK memastikan memberikan obat-obatan kepada Lukas. 

"Makanya tim dokter KPK memantau setiap saat, obat-obatan diberikan, dikonsultasikan ke RSPAD sekalipun dia menolak ke sana," ungkap Ali.

Baca Juga: Lukas Enembe Minta Jadi Tahanan Kota, Begini Respons dari KPK

Ali menambahkan, Lukas juga mengaku tidak merasakan keluhan atas kondisi kesehatannya. Sehingga KPK bisa melanjutkan proses penyidikan terhadap Lukas. 

“Ditanyakan, apakah ada keluhan. Ternyata tidak ada keluhan. Jadi ya, apa ya, proses-proses seperti biasa yang dia lakukan,” tutur Ali. 

“Bahkan kemudian kami bisa bawa ke sini untuk diperiksa. Jadi ya kita fokuskan lah, KPK fokus menyelesaikan perkaranya,” pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X