5 Fakta Bom Bunuh Diri yang Menghantam Polrestabes Medan

- Rabu, 13 November 2019 | 11:43 WIB
Polisi berjaga setelah ledakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatra Utara, Rabu (13/11). (Antara/Irsan Mulyadi).
Polisi berjaga setelah ledakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatra Utara, Rabu (13/11). (Antara/Irsan Mulyadi).

Muncul ledakan bom di Polrestabes Medan, Sumatra Utara, Rabu (13/11) sekira pukul 08.45 WIB. Peristiwa itu terjadi diduga akibat ulah oknum yang sengaja meledakkan diri. 

Dari rekaman video, asap tebal terlihat membumbung di Kantor Polrestabes Medan. Tampak sejumlah orang berlarian dan menjauhi dari lokasi kejadian.

Pelaku bom Polrestabes Medan diduga berjumlah dua orang. Salah satunya tewas karena disinyalir menjadi pelaku bom bunuh diri. Ketika peristiwa terjadi, yang bersangkutan mengenakan jaket ojek online. 

"Sesampai disana pelaku meledakkan diri dan mengakibatkan korban jiwa luka-luka. Pelaku dinyatakan meninggal dunia dengan tubuh hancur akibat bom bunuh diri, saat ini sedang dilaksanakan pengamanan dan penyelidikan," kata petugas kepolisian di lokasi kejadian.

Peristiwa itu membuat polisi melakukan sterilisasi lokasi kejadian. Masyarakat pun tidak diperbolehkan masuk ke halaman Polrestabes Medan selain pihak berwenang. 

Hingga kini polisi masih menyelidiki peristiwa tersebut. Berikut adalah deretan fakta terkait bom bunuh diri di Polrestabes Medan, yang dihimpun Indozone

Incar Polisi

-
Personel Brimob Polri berjalan menuju Polrestabes Medan setelah ledakan bom bunuh diri di sana, Rabu (13/11). (Antara/Irsan Mulyadi).

Terduga pelaku diduga sengaja mengincar polisi yang tengah bertugas di Polrestabes Medan. Analisis itu muncul karena pelaku mengarah ke Gedung Seksi Propam tempat aparat keamanan, tidak ke kerumunan warga yang sedang mengurus SKCK. 

"Belum (ledakan bom) belum sampai ke Sentra Pelayanan SKCK. Masih di halaman parkir," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo. 

Polisi pun masih mencari barang bukti dalam aksi bom bunuh diri. Serpihan-serpihan bom disisir oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri, Inafis, dan Gegana. 

Semua personel dikerahkan untuk menguatkan dugaan tersebut. 

Pelaku Melawan

-
Polisi berjaga setelah ledakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Rabu (13/11). (Antara/Irsan Mulyadi).

Terduga pelaku sempat dicegah masuk oleh petugas yang berjaga di Polrestabes Medan. Aparat mencium gelagat aneh dari pelaku karena berdiri seorang diri mengenakan jaket sembari membawa tas. 

Polisi kemudian bertanya kepada pelaku dan memintanya melepas jaket. 

"Dia yang bersangkutan sudah dua kali diperiksa," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Tatan Dirsan Atmaja. 

Akan tetapi, pelaku diketahui melawan dan langsung menerobos masuk dengan berlari ke dalam Polrestabes Medan. Dia kemudian meledakkan diri ke kantin, atau tepatnya sebelah Gedung Kabag Ops Polrestabes Medan. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X