Anies Minta Para Tenaga Pendidik Baca Tulisan Ki Hajar Dewantara

- Senin, 4 Mei 2020 | 17:02 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan)
Gubernur DKI Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan)

Gebernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta agar seluruh tenaga pendidik membaca tulisan-tulisan Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara dalam rangka perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Dengan membaca tulisan tersebut, Anies berharap para pendidik mengetahui apa yang seharusnya ada di pendidikan kita. Hal ini diungkapkan oleh Anies dalam Upacara Digital Hari Pendidikan Nasional yang dirayakan di DKI Jakarta pada Senin (4/5/2020).

"Apalah arti sebuah peringatan kelahiran kalau kita tidak membaca (hasil pemikirannya). Karena itu saya minta kepada seluruh kepala dinas, Ibu Kadis Pendidikan, wajib semuanya membaca untuk mengetahui apa yang seharusnya ada di pendidikan kita," kata Anies.

Anies mengungkapkan, tulisan dan buah pikir Ki Hajar Dewantara sangat berkaitan erat dengan sistem pengajaran yang saat ini dilakukan di negara-negara maju, termasuk beberapa sekolah di Jakarta.

"Diksi yang digunakan adalah diksi lama, tapi pemikiran yang terpancar adalah pemikiran yang baru yang masih relevan hari ini. Mari kita lakukan itu untuk memastikan semua berjalan dengan baik," lanjut Anies.

Anies juga meminta para tenaga pendidik tidak malu belajar dari sistem pendidikan di negara-negara maju lainnya, yang sudah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh akibat pandemi COVID-19.

"Saya mengajak kepada semuanya, jangan mencoba selesaikan masalah sendirian. Lihatlah praktik-praktik terbaik dari seluruh dunia, ambil pengalaman mereka gunakan di Jakarta," kata Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X