Cek Fakta: Apakah Foto Jokowi Wisuda Palsu? Ini yang Benar

- Jumat, 1 Mei 2020 | 16:18 WIB
Foto kolase Presiden Jokowi. (Facebook/Bambang Tri)
Foto kolase Presiden Jokowi. (Facebook/Bambang Tri)

Beberapa waktu yang lalu sempat beredar kecurigaan bahwa Presiden Jokowi tidak pernah diwisuda dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto wisudanya yang banyak berseliweran di media sosial, dianggap palsu.

Salah satu yang mencurigai keaslian foto Jokowi saat wisuda adalah akun Facebook Bambang Tri. Ia mengunggah foto kolase di mana dua foto Jokowi digandengkan. 

Pada foto sebelah kiri Bambang Tri menulis 'Joko Widodo', sementara pada foto sebelah kanan tertulis Budi Utomo. Pada caption foto kolase tersebut, ia menulis, "JOKOWI TIDAK PERNAH DIWISUDA UGM..FOTO WISUDANYA PALSU..BUKAN FOTO JOKOWI!"

Unggahan tersebut kini telah dihapus, namun tangkapan layarnya telah viral di media sosial karena telah banyak yang membagikan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@joko.widodo_) on

Lalu, apakah benar foto Jokowi wisuda itu palsu? 

Indozone.id telah melakukan penelusuran dan hasilnya, kecurigaan tersebut tidak benar. 

Akun Fansbase Presiden Jokowi dan Keluarga, @joko.widodo_ pada Jumat (5/1/2020) mengunggah dua foto wisuda yang dicurigai tersebut. Foto pertama menampilkan Jokowi seorang diri, sedangkan foto berikutnya menunjukkan Jokowi berfoto bersama 14 temannya, mengenakan toga dan topi.

Pada caption foto Jokowi seorang, tertulis, "Pendidikan adalah jalan panjang yang ditempuh sebuah bangsa yang menghadapi tantangan untuk membangun identitas, karakter, dan martabatnya."

Sedangkan pada foto bersama tertulis caption, "Wisuda UGM."

Dengan demikian, foto wisuda Jokowi yang banyak ditemui di media sosial, dimana dalam foto itu ia bersama teman-temannya yang berjumlah 14 orang, adalah benar adanya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@joko.widodo_) on

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X