Ini Alasan Kenapa Kita jadi Mudah Lapar Saat Cuaca Dingin

- Jumat, 22 Februari 2019 | 16:21 WIB
photo/Ilustrasi/Parents Magazine
photo/Ilustrasi/Parents Magazine

Terdapat sejumlah peneliti yang mengatakan alasan kenapa kita jadi merasa lapar saat cuaca dingin. Bahwa itu adalah dorongan primitif manusia yang ingin menimbun kalori untuk musim dingin mendatang.

"Kita didorong oleh hal-hal yang ditanamkan di otak kita sejak lama," kata Ira Ockene, seorang ahli jantung di University of Massachusetts Medical School, Amerika Serikat, yang telah lama tertarik pada bagaimana variasi musim memengaruhi kesehatan manusia, sebagaimana dikutip dari npr.org.

Selain itu, penelitian Ockene sendiri telah menemukan bahwa asupan kalori cenderung meningkat ketika cuaca berubah menjadi lebih dingin. Dia juga menunjuk pada studi yang dilakukan di Universitas Georgia pada tahun 1991.

Para peneliti dengan cermat melacak berapa banyak orang makan dari musim ke musim dan seberapa cepat mereka memakannya. Ternyata, subjek penelitian mengonsumsi sekitar 200 kalori lebih banyak sehari dimulai pada musim gugur ketika hari semakin gelap.

Lebih lanjut, Ockene mengatakan bahwa manusia tampaknya sangat sensitif terhadap cahaya. Kurangnya paparan cahaya mendorong kita untuk mencari makanan dan memakannya lebih cepat. Tapi tidak semua ilmuwan sepakat tentang kebiasaan mencari makanan saat musim dingin.

Sementara itu, Marcia Pelchat dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia mengatakan, kebiasaan makan lebih banyak di musim dingin kemungkinan muncul karena ada kesempatan. Di musim dingin biasanya orang libur dan ada banyak pesta yang digelar di momen liburan. Sisa makanan yang ada pun enak-enak dan orang hanya punya sedikit kesempatan untuk bermain serta berolahraga di luar rumah.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X