BJ Habibie Ziarah Ke Makam Ainun di TMP Kalibata

- Rabu, 5 Juni 2019 | 16:09 WIB
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Seperti Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie juga berziarah ke makam istrinya, Ainun Habibie yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Habibie melakukan ziarah dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Sesampainya di sana, Habibie yang ditemani oleh putra dan beberapa cucunya, membacakan Surat Yassin sekitar 30 menit.

Setelah itu, dia membersihkan batu nisan Ainun lalu menaburkan bunga. Saat melakukan ziarah ini, ternyata Habibie sedang berada dalam kondisi kurang sehat. Oleh karena itu, dia tidak berbicara banyak kepada wartawan, meski terus tersenyum.

"Maaf suara saya serak. Sedang sakit," kata Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (5/6). Ini adalah lebaran kesembilan setelah Habibie ditinggalkan oleh istrinya Ainun yang meninggal dunia di Jerman pada 22 Mei 2010.

Kala itu, Ainun meninggal di usia 72 tahun karena terkena kanker usus. Habibie juga tak sempat mengunjungi makam Ibu Ani Yudhoyono karena kondisinya yang tidak memungkinkan.

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X