Kiat Aman dari Virus Korona saat Belanja di Pasar Basah

- Rabu, 29 Januari 2020 | 14:59 WIB
Huanan Seafood Wuhan (Dailymail)
Huanan Seafood Wuhan (Dailymail)

World Health Organization (WHO), memberikan panduan untuk orang yang berkunjung ke pasar basah atau pasar yang menjual hewan-hewan hidup di area yang terjangkit virus korona.

Dilansir dari laman resmi WHO, seseorang yang belanja di pasar basah perlu menghindari kontak langsung tanpa pelindung dengan hewan hidup dan permukaan yang sudah bersentuhan dengan hewan.

Namun, jika kamu sudah terlanjur atau terpaksa menyentuh hewan ataupun produk hewani, segeralah cuci tangan dengan sabun sampai bersih.

Sebelum tanganmu bersih, jangan sampai kamu menyentuh hidung, mulut dan mata, untuk menghindari masuknya penyakit.

Selain itu, jauhi kontak dengan hewan yang sakit dan daging yang sudah busuk. Usahakan menghindari hewan-hewan liar, sampah dan cairan kotor yang ada di pasar untuk menghindari risiko terkena virus.

WHO juga mengatakan produk-produk daging tetap bisa aman dikonsumsi meski berasal dari area yang terkena wabah. Asalkan, daging tersebut bebas kontaminasi dan daging juga harus dimasak hingga benar-benar matang.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika kamu harus sering berada di pasar basah karena bekerja di sana? Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan, cuci tangan, dan membersihkan semua peralatan dan area kerja setidaknya sehari sekali.

-
Ilustrasi cuci tangan (Unsplash/Matthew Tkocz)

Saat hendak memegang daging atau produk-produk hewani lainnya, pakailah baju pelindung, masker hingga sarung tangan. Kemudian, setelah selesai memakainya, letakkan ketiga pelindung tersebut dan cuci setiap hari serta letakkan di area kerja.

Untuk mengurangi risiko penularan virus ke keluarga, pastikan bahwa kamu pulang dalam keadaan bersih.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X